Helo Indonesia

Kebun Karet dan Sawit PTPN VII Terbakar di Kabupaten Lamsel

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 23 September 2023 12:47
    Bagikan  
Kebun Karet dan Sawit PTPN VII Terbakar di Kabupaten Lamsel

Kebakaran kebun sawit dan karet PTPN VII Lampung (Foto Ist/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Dua kebakaran terjadi di perkebunan karet dan sawit PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Provinsi Lampung, Jumat (22/9/2023).

Kebakaran pertama terjadi di perkebunan karet, Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, pukul 11.00 WIB. Dua mobil pemadam kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Lampung Selatan berhasil mendingkan api pada pukul 17.00 WIB.

Kebakaran kedua terjadi di perkebunan kelapa sawit, Rejosari, kecamatan Natar, pukul 15.35 WIB. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandarlampung berhasil mendinginkan api pada pukul 18.30 WIB.

Baca juga: 7 Warga Anak Tuha Dipulangkan Usai Aksi Tolak Pengelolaan Lahan PT BSA

KARET

Kepala Damkarmat Lampung Selatan M Sefri Masdian mengatakan pihaknya mendapat laporan dari warga adanya kebakaran kebun karet PTPN 7 di Desa Rejomulyo, pukul 13.18 WIB. Menurut warga, kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.

Pihaknya menerjunkan lima anggota dari dua pos Damkarmat Lampung Selatan, yaitu Zagus Pardiyanto dan Kevin Yosanda dari Pos Jati Agung serta Dwi laksono, Dwi waluyo, Sahidin dari Pos Tanjungbintang.

Pihaknya juga menerjunkan dua unit mobil pemadam dari dari Pos Jati Agung dan Tanjungbintang yang sampai di lokasi kebakaran pukul 14.00 WIB. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Prof. Sitanala Arsyad dan Cintanya pada Budaya Lampung

SAWIT

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandarlampung Anthony Irawan langsung mengerahkan 18 personel damkar dari Mako Tendean dan Pos Siaga Rajabasa.

Damkarnya yang dikerahkan ke TKP adalah Ziegler 011 Pos Siaga Kecamatan Rajabasa, Mobil Banteng 011 Mako Tendean, Mobil 020 Mako Tendean. "Petugas sedikit kesulitan akibat angin kencang," kata Anthony Irawan.

Lanjut Anthony Irawan, semua personel berjibaku memadamkan api dan berhasil dikuasai sekitar pukul 18.30 WIB dengan menghabiskan dua unit mobil Damkar Lampung Selatan diterjunkan untuk memadamkan kebakaran kebun karet PTPN 7. (Hajim).