Helo Indonesia

Dosen FTIK USM Raih Gelar Doktor Ilmu Komputer, Rektor: Ditunggu Karya-karyanya

Kamis, 21 September 2023 07:03
    Bagikan  
Dosen FTIK USM Raih Gelar Doktor Ilmu Komputer, Rektor: Ditunggu Karya-karyanya

DOKTOR: Rektor USM Dr Supari ST MT (kedua dari kiri) saat menghadiri siding yudisium dosen USM April Firman Daru yang meraih gelar doktor ilmu komputer. Foto: Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Dosen Fakultas Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Universitas Semarang (USM), April Firman Daru SKom MKom meraih gelar doktor Ilmu Komputer di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), dengan IPK 3,8 lulus yudisium dengan pujian, pada 19 September 2023 di Auditorium Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW.

Dalam riset disertasinya, Firman mengangkat tentang Penerapan Agen Cerdas Menggunakan Algoritma Reinforce Learning untuk Mendeteksi Serangan pada Jaringan Internet of Things. Hadir pada kesempatan tersebut Rektor USM Dr Supari ST MT.

Firman dalam menyelesaikan studi doktornya dibimbing Prof Dr Kristoko Dwi Hartomo dan co promotor Hindriyanto Dwi Purnomo PhD. Sidang Yudisium Progam Doktor Ilmu Komputer FTI UKSW dipimpin Dekan FTI UKSW, Prof Ir Daniel H F Manongga MSc PhD.

Rektor USM, Dr Supari ST MT mengapresiasi capaian akademik yang diraih Dr Firman. Baginya hal tersebut menjadi berkah bagi USM untuk membantu USM menjadi perguruan tinggi yang unggul di masa mendatang.

Akademik

''Saya menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada saudara Doktor April Firman Daru yang telah menyelesaikan studi S3 di UKSW. Dalam yudisium mendapat peringkat pujian, hal tersebut adalah capaian akademik yang tinggi dan dalam waktu yang tepat kelulusannya, masa studinya tepat waktu,'' ucapnya.    

''Selamat untuk Pak Firman dan keluarganya dan itu berkah bagi USM ditunggu karya-karya ke depan. Semoga dengan tambahnya Doktor Firman di USM akan memperkuat SDM di USM untuk mempercepat tercapainya visi USM menjadi perguruan tinggi pilihan dan unggul di masa yang akan datang,'' lanjutnya.

Kemudian dalam sambutannya, Promotor dari Doktor Firman, Prof Dr Kristoko Dwi Hartomo mengungkapkan, pihaknya akan membantu dan mengajak Doktor Firman untuk berkolaborasi ke depan.

"Doktor Firman secara personality ini sangat humble, komunikasinya sangat lancar dan responsif, kemudian juga sopan dan profesional. Sebagai promotor, kami juga akan membantu dan mengajak berkolaborasi kepada mahasiswa S3 secara penuh," ungkapnya. (ADE)