Helo Indonesia

Deputi III Staf Kepresidenan Kunjungi Kube Desa Manggungsari Kendal

Rabu, 13 September 2023 18:45
    Bagikan  
Deputi III Staf Kepresidenan Kunjungi Kube Desa Manggungsari Kendal

Deputi III kantor staf kepresidenan bidang pertanian dan usaha mikro bersama Kube Desa Manggungsari, Selasa (12/9/2023). Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Kelompok Usaha Bersama (Kube) Petani Berdaya binaan Rumah Zakat dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia ( PT PII ) Desa Berdaya Manggungsari, Kecamatan Weleri, Kendal mendapat kunjungan dari Deputi III kantor staf kepresidenan bidang pertanian dan usaha mikro, Selasa 12 September 2023.

Kedatangan rombongan staf kepresiden tersebut disambut Sekretaris Desa Manggungsari, Karyanto bersama Ketua BPD, Kusyanto serta Pengawas Kelompok, Wartono. Kunjungan staf kepresidenan dalam rangka peninjauan pelaksanan usaha tani dalam bentuk kelompok usaha bersama yang ada di Desa Manggungsari.

Baca juga: Kegiatan Pramuka Jadi Pendidikan Karakter Sepanjang Masa

Pengawas Kelompok dan sekaligus Fasilitator Rumah zakat Desa manggungsari, Wartono mengatakan, rombongan staf kepresiden mengunjungi Kube Petani Berdaya Manggungsari guna membahas kegiatan usaha yang telah dilaksanakan oleh Kube Patani Berdaya, yang meliputi penggilingan padi serta penjualan beras.

"Mereka berdiskusi dengan para anggota Kube membahas seputar kegiatan usaha hingga permodalan," ujar Wartono.

Menurut Wartono, Kube Petani Berdaya didirikan sejak tahun 2020 silam. Dan bantuan modal dari CSR PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia bersama Rumah Zakat yaitu berupa modal dana dan perlatan mesin penggilingan padi. Meski sempat terdampak Pandemi Covid-19, namun dengan usaha kerja keras seluruh anggotanya akhirnya tahun 2022 mulai bangkit kembali.

"Alhamdulillah di bulan ramadan 2022 kemarin bisa dapat orderan beras hingga lima ton. Ya mudah-mudahan kedepan usahanya bisa lebih besar lagi agar bisa dirasakan manfaatnya oleh anggota kelompok dan masyarakat. Yang jelas tujuan kita untuk memberdayakan masyarakat khususnya petani," harap Wartono.

Tinjau Usaha Tani

Tim pelaksana Staf Kepresidenan, Anggi Desiana mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka peninjauan pelaksanan usaha tani dalam bentuk kelompok usaha bersama yang ada di Desa Manggungsari.

Baca juga: Jangan Terlalu Asik Sampai Abaikan Kesehatan, Inilah 7 Bahaya Memakai Earphone Terlalu Lama

"Kita mengunjungi tempat penggilingan padi Arto Lumintu milik Kube Petani Berdaya dan kube ini cukup bagus. Harapannya bisa di tingkatkan ke level corporate agar bisa lebih besar lagi," ujarnya.

Sementara, Sekdes Manggungsari, Karyanto menyambut baik kedatangan Deputi 3 kantor staf kepresidenan bidang pertanian dan usaha mikro tersebut.

"Kami mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan monitoring dari kantor staf presiden. Mudah-mudahan Kube Petani Berdaya ini dapat terus memberikan manfaat bagi petani di Desa Manggungsari," ucapnya. (Anik)