Helo Indonesia

Lancar dan Aman, Pemindahan 300 Pedagang Pasir Gintung dan Sekitarnya

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 12 September 2023 09:39
    Bagikan  
Lancar dan Aman, Pemindahan 300 Pedagang Pasir Gintung dan Sekitarnya

relokasi 300 pedagang berlangsung kondusif (Foto Hajim/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Pemindahan sekitar 300 pedagang Pasar Pasir Gintung dan sekitarnya berjalan lancar dan aman, Selasa (2/9/2023), pukul 07.00-10.00 WIB. Mereka ditampung sementara di Pasar Smep yang berdaya tampung 600 pedagang.

Mewakili Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana yang masih ada di Jakarta, Wakil Wali Kota Deddy Amrullah berpesan agar relokasi dilaksanakan secara arif dan bijaksana demi pembangunan pasar yang lebih baik.

Aparat gabungan terlihat ikut mengawasi dan membantu para pedagang pindah dari Pasar Pasir Gintung, Jalan Pisang, Imam Bonjol, Manggis, sampai Jalan Durian ke Pasar Smep yang hanya berjarak 250-an meter.

Tak ada sama sekali kekerasan dan bentrokan, persoenel Satpol PP yang jadi garda terdepan dipimpin Ahmad Nurizki Erwandi terlihat Helo Indonesia Lampung ikut membantu memindahkan barang milik pedagang.

Baca juga: Pemprov Lampung Akan Gelar Festival Parekraf 2023

Menurut Ahmad Nurizki Erwandi, Pemkot Bandarlampung telah mengirim surat tiga kali agar para pedagang pindah. "Kami hanya menjaga agar proses pemidahan tak terjadi gesekkan," katanya.

Sebelumnya, banyak pedagang yang sudah pindah lebih dulu sejak kemarin sore. Pemkot Bandarlampung sudah mendapatkan surat peringatan tiga kali dan pada hari ini menyisir pedagang yang masih memanfaatkan batas waktu.

Alat berat terpantau membersihkan sisa-sisa tempat berjualan pedagang terutama Jl. Pisang agar alat berat pembangunan pasar dapat lancar keluar masuk proyek pembangunan Pasar Pasir Gintung.

Baca juga: Dishub Kota Bandarlampung Cat Ulang Marka Jalan

Informasi yang diperoleh Helo Indonesia Lampung, setelah pembersihan area, Pemkot Bandarlampung akan membangun pos pengamanan yang akan dijaga Satpol PP, Dishub, serta Dinas Perdagangan.

Ketua Tim Pemindahan Pedagang Pasar Pasir Gintung Wilson Faisol, Asisten 1, Direktur PD Pasar Edy Gulvari, Kesbangpol Sah Raden.

Aparat gabungan terdiri dari Pol PP, TNI-POLRI, Dishub, Dinas Perdagangan, PD Pasar, Kesbangpol, Bagian Hukum, BPBD, Damkar, DLH, Kominfo, Kesehatan, PU, Camat TKP, Kelurahan Pasir Gintung melakukan pendekatan secara persuasif terhadap para pedagang. (Hajim)