Helo Indonesia

PAUD Masanya Bermain, PPDB SD Tak Boleh Ada Tes Calistung

Kamis, 7 September 2023 19:43
    Bagikan  
PAUD Masanya Bermain, PPDB SD Tak Boleh Ada Tes Calistung

Bunda PAUD Kabupaten Demak Hj Khadijah Ali Makhsun bersama Ketua GOPTKI Hj Nuraeni Akhmad Sugiharto berdialog dengan anak-anak kelas I SD Negeri Bintoro 5 Demak, guna mendukung gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Foto : Jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Demak Hj Khadijah Ali Makhsun bersama Ketua Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Hj Nuraini melakukan kunjungan kerja di SD Negeri Bintoro 5 Demak, Kamis 7 September 2023.

Kehadiran mereka dalam rangka menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, sebagaimana episode ke-24 Merdeka Belajar.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kecamatan Demak Hj Noor Sulistyowati. Serta Kabid PNF Dindikbud Kabupaten Demak Dwi Isnaeni Saparyanti.

Bertempat di ruang Kelas I B, rombongan diterima langsung Kepala SD Negeri Bintoro 5 Demak H Kingkin Purwoko, didampingi Guru Kelas IB Durrotun Nashihah.

Sempat terjadi dialog kecil antara Bunda PAUD dan Ketua GOPTKI Kabupaten Demak tersebut dengan siswa-siswi kelas IB. Dengan kepolosan mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kedua Bunda, bahwa mereka senang belajar di kelas I SD.

Bahkan anak-anak pun berebut mengacungkan jari, ketika diminta memperkenalkan diri. Termasuk saat melafalkan Pancasila.

Menyenangkan

Dikonfirmasi mengenai kunjungan ke SD Negeri Bintoro 5 Demak tersebut, Bunda PAUD Kabupaten Demak Hj Khadijah menyampaikan, dalam rangka menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, episode ke-24 Merdeka Belajar. Apresiasi pun diberikan, seiring dilihatnya kondisi anak-anak yang belajar dengan hati senang gembira.

"Alhamdulillah di sekolah ini telah menerapkan pembelajaran yang menyenangkan. Transisinya bagus. Anak-anak terlihat gembira mengikuti pelajaran. Sebab inti dari kebijakan 'transisi PAUD ke SD yang menyenangkan adalah tidak adanya paksaan dalam belajar," ujar istri Wabup KH Ali Makhsun itu.

Hal sama disampaikan Ketua GOPTKI Kabupaten Demak Hj Nuraini Akhmad Sugiharto. Bahkan belajar membaca, menulis, dan berhitung (calistung) pun tidak boleh dipaksakan. Anak hendaknya bisa calistung secara alami. Maka dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD, tidak dibolehkan adanya tes calistung.

"Masa transisi dari PAUD ke SD sesuai imbauan Kemendikbud harus benar-benar ditindaklanjuti. Termasuk melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), sebagai masa anak-anak tersebut beradaptasi di lingkungan atau jenjang sekolah baru," tutur istri Sekda Demak tersebut.

Maka selain menyerukan larangan tes calistung pada PPDB SD, Korwil Dindikbud Kecamatan Demak Hj Noor Sulistyowati pun telah mengagendakan studi tiru bagi guru kelas l SD ke PAUD dalam waktu dekat. Dimaksudkan agar guru-guru kelas l bisa mengadaptasi cara pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan berhasil optimal.

Sementara itu Kepala SD Negeri Bintoro 5 Demak H Kingkin Purwoko mengaku bangga sekolahnya dipilih sebagai percontohan penerapan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

"MPLS pun telah diterapkan selama dua minggu pertama masa sekolah, sehingga anak-anak merasa nyaman di sekolah baru. Semoga kedepan semakin baik lagi," pungkasnya. (Jati)