Helo Indonesia

Warga Sukajaya Punduh Minta Tolong Selalu Dihantui Banjir

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 6 September 2023 19:40
    Bagikan  
Warga Sukajaya Punduh Minta Tolong Selalu Dihantui Banjir

(Foto Rama/ Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Masyarakat Desa Sukajaya Punduh Kecamatan Marga Punduh berharap kepedulian Pemkab Pesawaran untuk menormalisasi sungai Way Punduh di kecamatan setempat.

Kepala Desa (Kades) Sukajaya Punduh Tohir mengatakan, desanya pada tahun 2018 dan tahun 2020 dilanda banjir yang mengakibatkan satu rumah warganya hanyut diterjang banjir bandang.

"Saya mewakili masyarakat Desa Sukajaya Punduh, berharap Pemkab Pesawaran segera menormalisasi sungai kami. Karena sudah dua kali desa kami diterjang banjir tahun 2018 dan 2020, yang mengakibatkan satu dapur rumah milik warga hanyut dan saat itu pak Kadis PUPR datang melihat waktu itu, tapi sampai saat ini belum ada tindaklanjutnya," kata Tohir, Rabu (6/9/2023).

Menurutnya, setiap tahun masyarakat selalu dihantui dengan perasaan was-was, saat memasuki musim hujan, karena dapat dipastikan akan terjadi banjir.

Baca juga: Nasib Petani Pesawaran, Kemarau Lalu Dihajar Wereng

"Kalau musim kemarau seperti sekarang memang air di sungai Way Punduh ini pasti kering, tapi kalau sudah masuk musim hujan berpotensi banjir bandang. Apalagi dengan pendangkalan sungai, juga bibir sungai yang telah habis terkikis air," ujarnya.

"Untuk itu, sekali lagi kami berharap Pemkab Pesawaran segera melakukan normalisasi sungai di daerah kami ini, kemudian dilakukan pemasangan bronjong untuk mengurangi pengikisan bibir sungai," tambahnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Alam (SDA) Dinas PUPR Kabupaten Pesawaran Sudiono mengatakan, pihak Desa Sukajaya Punduh diminta untuk mengajukan permohonan normalisasi sungai di Kecamatan Marga Punduh.

Baca juga: 1 Tewas 3 Luka Akibat Mobil DPRD Pesibar Tabrak Pantat Truk di Tol

"Tahun ini diajukan saja dulu surat permohonannya ke kami, agar tahun depan bisa kita jadikan skala prioritas. Dan ini akan menjadi dasar kami dalam pembahasan di Komisi III DPRD Pesawaran," kata Sudiono.

"Kemudian, saat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Kabupaten Pesawaran, Kepala Desa bisa menyampaikan permintaan normalisasi sungai itu. Agar pimpinan tahu hal apa saja yang mendesak dan jadi prioritas yang akan kita kerjakan tahun depan itu," pungkasnya. (Rama)