Helo Indonesia

Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Demak Uji Coba Tilang Elektronik Berbasis Drone

Selasa, 5 September 2023 21:42
    Bagikan  
Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Demak Uji Coba Tilang Elektronik Berbasis Drone

Tim Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Demak saat uji coba penggunaan sistem ETLE berbasis drone untuk menekan pelanggaran lalu lintas. Foto : sari jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Ditlantas Polda Jateng bersama Satlantas Polres Demak menggelar sosialisasi dan uji coba electronic traffic law enforcement (ETLE) berbasis drone, di perempatan depan Makodim 0716/Demak dan Pasar Bintoro, Selasa 5 September 2023.
Dalam waktu 10 menit, terpantau sejumlah pelanggaran lalu lintas melalui kamera yang terpasang pada perangkat drone.

Pelanggaran tersebut antara lain berkendara sepeda motor tanpa mengenakan helm. Berboncengan sepeda motor lebih dari dua orang. Hingga mengemudi mobil tidak mengenakan sabuk pengaman alias seat belt.

Kepala Sigar Subditgakkum Ditlantas Polda Jateng Kompol Indra Hartono menjelaskan, sosialisasi ETLE Mobile menggunakan drone tersebut merupakan upaya Polri dalam penegakan hukum di bidang lalulintas.

"Jadi kurang lebih mekanismenya sama dengan ETLE pada umumnya. Dalam artian pada saat operasional drone, menemukan pelanggaran lalu lintas secara kasat mata lalu petugas akan mengcapture rekaman video hasil drone," terangnya.

Operasi Zebra

Hal itu merupakan bagian Operasi Zebra Candi 2023 di wilayah Polda Jawa Tengah. Penggunaan ETLE berbasis drone akan dilakukan pada tempat strategis dan ramai aktivitas lalulintas.

"Rencana kita akan mobiling mencari spot yang ramai aktivitas lalulintas. Dengan adanya ETLE mobile ini, tidak menutup kemungkinan terrekam pelanggaran-pelanggaran tanpa harus ada tatap muka antara petugas dan pengemdara kendaraan bermotor," imbuhnya.

Di sisi lain, Kasat Lantas Polres Demak AKP Muhammad Gargarin Friyandi menambahkan, penindakan pelanggar melalui sistem ETLE berbasis drone akan di launching oleh Dirlantas Polda Jateng pada bulan September 2023 bersamaan HUT Korp Lalu Lintas Bhayangkara pada 22 September 2023. Dengan adanya sosialisasi dan uji coba ETLE drone ini, kami harap masyarakat dapat memahami bahwa penindakan pelanggaran lalulintas tidak harus melalui razia," tandasnya. (Jati)
Tim Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Demak saat uji coba penggunaan sistem ETLE berbasis drone untuk menekan pelanggaran lalulintas. Foto : sari jati