Helo Indonesia

Bawaslu Kota Semarang Kenalkan Wajah Baru, Tancap Gas Awasi Tahapan Pemilu 2024

Minggu, 27 Agustus 2023 07:56
    Bagikan  
Bawaslu Kota Semarang Kenalkan Wajah Baru, Tancap Gas Awasi Tahapan Pemilu 2024

Anggota Bawaslu terpilih Kota Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Bawaslu Kota Semarang mengenalkan wajah baru yang akan menegakkan tonggak demokrasi bangsa lima tahun ke depan, pada Jumat 25 Agustus 2023 lalu.

Pascadilantiknya Anggota Bawaslu Kota Semarang pada 19 Agustus 2023 di Jakarta, menjadi angin segar bagi Sekretariat Bawaslu Kota Semarang untuk mengawal tahapan Pemilu 2024 yang masih berjalan hingga pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Baca juga: Final Berlangsung Meriah, Mbak Puan Apresiasi Lomba Nasi Goreng Khas Mbak Ita

Ketua Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman, saat ditemui menjelaskan bahwa pelantikan berjalan dengan lancar. Setelah pelantikan anggota terpilih secara langsung melakukan pleno untuk mengisi susunan Koordinator Divisi periode 2023 – 2028.

“Setelah pelantikan kita langsung melakukan pleno untuk menentukan Koordinator Divisi agar sepulang dari Jakarta kita langsung tancap gas mengawasi tahapan Pemilu 2024,” ungkap Arief selaku Ketua Bawaslu Kota Semarang.

Lebih lanjut pihaknya juga mengenalkan satu persatu Anggota terpilih, yaitu V Silvania Susanti selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi dan Wakil Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa. Perempuan yang akrab disapa Mbak Silva ini sebelumnya aktif menjadi Ketua PPS Kelurahan Pleburan tahun 2004 dan Ketua PPK Semarang Selatan tahun 2005, 2009, 2014 baik Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif.

Selain itu Ketua Panwaslu Kecamatan Banyumanik yaitu Maria Goreti Jutari Risma Hanjayani juga dilantik menjadi Anggota Bawaslu Kota Semarang Periode 2023-2028. Perempuan muda ini dimandatkan menjadi Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa serta Wakil Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi. Maria juga pernah menjadi Anggota Panwaslu Kecamatan Gajahmungkur pada Pilwakot Semarang Tahun 2020 dan Ketua Panwaslu Kecamatan Banyumanik Pemilu 2024.

Keterwakilan Perempuan

Arief juga menjelaskan bahwa Anggota Bawaslu Kota Semarang periode 2023 – 2028 didominasi keterwakilan perempuan karena dari lima Anggota yang terpilih terdapat tiga perempuan dan dua laki-laki.

Srikandi selanjutnya adalah Euis Noor Faoziah selaku Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan dan menjadi Wakil Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat.

Baca juga: Pebulutangkis Tuan Rumah Sabet Dua Emas di USM Cup XVI 2023, Berikut Daftar Juaranya


Perempuan kelahiran Brebes ini juga pernah aktif menjadi surveyor Quick Count Pemilu Tahun 2014. Memiliki latar belakang akademis di bidang Pendidikan, Euis dinilai tepat mengampu divisi tersebut.

Punggawa pengawas selanjutnya yaitu Dwijaya Samudra Suryaman yang merupakan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat dan Wakil Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan.
Dwijaya juga sebelumnya pernah aktif sebagai KPPS Pilkada Jawa Tengah 2017, KPPS Pemilu Serentak 2019, PPDP Pilwakot Semarang 2020, KPPS Pilwakot 2020 dan Anggota Panwaslu Kecamatan Semarang Utara Pemilu 2024.

Arief selaku Ketua Bawaslu Kota Semarang berharap adanya formasi baru ini akan menjadi pondasi yang kuat untuk mengawal proses demokrasi bangsa melalui Pemilu 2024.

“Wajah baru ini nantinya harus cepat beradaptasi dan mengejar tahapan yang sudah berjalan cukup jauh," harap Arief. (Aji)