Helo Indonesia

BEM FTP USM Gelar Lomba Inovasi Pangan, Berikut Daftar Juaranya

Senin, 21 Agustus 2023 06:35
    Bagikan  
BEM FTP USM Gelar Lomba Inovasi Pangan, Berikut Daftar Juaranya

Para juara BEM FTP USM berpose bersama

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (BEM FTP) Universitas Semarang (USM) menggelar Lomba Inovasi Pangan Berbasis Komoditas Lokal.

Kegiatan tersebut sebagai rangkaian Agrichfest Technology Festival II pada Sabtu 19 Agustus 2023 di Halaman Gelora Prof Sudarto USM.

Hadir dalam lomba tersebut Dekan FTP USM, Prof Dr Haslina MSi.

Prof Haslina berharap, melalui kegiatan talkshow ini mahasiswa dan para siswa dapat berdiskusi dan bertukar pikiran dalam berinovasi pangan berbasis komoditas lokal dengan tujuan untuk mendukung ketahanan pangan dan memenuhi tuntutan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pangan yang semakin hari terus berkembang seiring dengan perjalanan waktu.

Baca juga: Bangkitkan Kreativitas Pemuda, Dinporapar Purbalingga Gelar Seleksi Peserta Jambore

''Di Indonesia banyak sekali bahan pangan lokal seperti beragam rempah, umbi, ikan, buah, dan sayur. Indonesia memiliki sedikitnya 400 jenis tanaman penghasil buah-buahan, 370 jenis tanaman penghasil sayuran, 70 jenis tanaman umbi-umbian, 55 jenis rempah-rempah, dan berbagai jenis hewan yang dapat dikonsumsi,'' katanya.

Menurutnya, keanekaragaman hayati, baik flora maupun fauna di Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai sumber gizi dan pangan fungsional yang dibutuhkan manusia untuk melakukan aktivitas dan hidup sehat. Beragam bahan pangan lokal di Indonesia dapat digunakan untuk mendukung pencapaian ketahanan pangan dan gizi masyarakat serta perekonomian.

''Bahan pangan lokal mengandung banyak gizi seperti vitamin, karbohidrat, protein, mineral serta senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan manfaat bagi kesehatan lainnya,'' ujarnya.

Dia menambahkan, Produk inovasi teknologi yang dibuat oleh siswa SMA/SMK yang bertujuan menjadi wadah bagi siswa dalam menuangkan ide dan gagasannya.

''Saya berharap, adik-adik peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa menyerap ilmu serta menggali seluruh informasi yang diberikan oleh para narasumber agar kelak bisa bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pangan,'' tandasnya.

Ketahanan Pangan

Ketua Pelaksana, Muhammad Arif Maulana mengatakan, lomba diikuti oleh 19 siswa SMA/SMK/sederajat se-Jawa Tengah dan 5 mahasiswa.

''Alur pelaksanaan lomba dimulai dengan pengumpulan proposal produk makanan sebelum 9 Agustus 2023. Kemudian finalis yang lolos diumumkan pada 11 Agustus 2023,'' katanya.

Arif menyebutkan, lomba ini diadakan guna membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

''Juri yang merupakan akademisi akan melakukan penilaian berdasarkan potensi pengolahan pangan lokal serta inovasinya baik dari segi kesehatan, keamanan pangan, gizi dan nilai ekonomi,'' jelasnya.

Dia menambahkan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan nasional dan meningkatkan ketahanan pangan.

Arif berharap, peserta kegiatan memahami dan mampu membuat inovasi pangan lokal dan fungsional.

Berikut daftar juaranya:

1. Juara 1 Yogurt Pati Kimpul dari SMKN 1 Temanggung
2. Juara 2 Snack Ubi Jalar dari SMKN 1 Kedung
3. Juara 3 Lemper Ubi Ungu Isi Abon Lele dari SMK Kristen Terang Bangsa

Juara Harapan:
1. Crinckle Cookies Tepung Jali dari SMKN 1 Temanggung
2. Tempe Steak dari SMAN 1 Semarang
3. Sorgum Pisang Energi Bar dari SMAN 11 Semarang

Juara Mahasiswa:
1. Mie Buto Ijo dari THP Pagi 2022
2. Kutes San dari Himateta

(Aji)