Helo Indonesia

DPRD Pesawaran Dukung Sistem QRIS Tingkatkatkan PAD Pariwisata

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 2 Agustus 2023 10:38
    Bagikan  
Ketua Komisi II DPRD Saptoni dan anggota saat proses mediasi

Ketua Komisi II DPRD Saptoni dan anggota saat proses mediasi -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Komisi II DPRD Kabupaten Pesawaran mendukung sistem standar pembayaran satu pintu di desa wisata Pulau Pahawang melalui QRIS Dinas Pariwisata (Dispar) yang dapat diakses melalui sapda.pesawarankab.go.id/dashboard.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pesawaran Saptoni mengatakan Perdes Pulau Pahawang Nomor 2 Tahun 2023 Tentang Pungutan Desa, dan Peraturan Bupati (Perbup) Pesawaran Nomor 64 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan, Selasa (1/8/2023).

"Alhamdulilah dengan musyawarah dan mufakat semuanya bisa dijalankan tahap uji coba selama dua bulan. Semoga dengan sosialisasi yang memang kita ini bisa segera meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, baik itu desa itu sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat mereka," kata Saptoni.

Ia menyebut, begitu pula dengan Kabupaten Pesawaran yang selama ini bergerak dalam hal meningkatkan PAD dari sektor pariwisata. Ini baru dimulai dari sekarang, karena memang Perda Pariwisata sedang digarap.

Baca juga: Desa Pulau Pahawang dan Agen Travel, Coba Tiket Satu Pintu

"Sebelum Perda ini keluar, kita gunakan Perbup terlebih dahulu dengan mengacu pada Permendagri. Karena itu juga sudah terkoneksi sistem digital apabila ada wisatawan masuk ke Pesawaran itu sudah daftar secara online, dan kita berharap ini tidak ada permasalahan, clear dan clean," ujarnya.

Kemudian, terkait video yang viral itu, Saptoni menuturkan, sebenarnya terjadi miskomunikasi saja dan maklum namanya saja para pelaku wisata masih muda-muda semua dengan adanya teknologi terjadi salah faham.

"Sehingga kedepannya tidak terjadi lagi seperti hal-hal demikian," pungkasnya. (Rama)