bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pesawaran Dapat Kapolres Tercantik Pertama, AKBP Maya, Ini Misinya

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 2 Agustus 2023 08:32
    Bagikan  
AKBP Maya Heny Hitijahubessy SH SIK.

AKBP Maya Heny Hitijahubessy SH SIK. -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Kabupaten Pesawaran yang kaya akan destinasi wisata untuk pertama kalinya mendapatkan sentuhan kapolres tercantik, yakni AKBP Maya Heny Hitijahubessy SH SIK. Perempuan Maluku yang lahir di Ambon 4 Agustus 1977.

Putri pasangan Johanis Hitijahubessy (alm) dan Fransina Engel (alm) awalnya tidak bercita-cita menjadi seorang anggota korps Polisi Wanita (Polwan). Diakuinya, setelah lulus dari SMEA Negeri 1 Ambon tahun 1995, dia kurang berminat jadi Polwan.

AKBP Maya Heny Hitijahubessy SH SIK adalah bungsu dari tujuh bersaudara yang bersuamikan juga seorang polisi, yakni Welhelmus Pieter Nanlohy. Ayahnya dulu juga anggota Korps Bhayangkara di Polda Maluku.

Namun, atas kepatuhannya terhadap saran orangtua, tahun 1996 ia test Polwan dan ternyata lulus tahun1997 dengan penempatan sebagai bintara polisi (sersan dua) di Satuan Brimob.

Baca juga: Serah Terima dan Temu Pamit Kapolres Lampung Tengah

Karirnya malah melejit dua melati di pundaknya. Sesuai SK Nomor ST/1396/VI/KEP/2023 tertanggal 26 Juni 2023, dia pindah dari Kabagops Brimob Polda Banten jadi kapolres Pesawaran.

AKBP. Maya Henny Hitijahubessy menjadi kapolres pertama di Kabupaten Pesawaran. Dia resmi bertugas setelah dilantik Kapolda Lampung, Irjen Helmi Santika di GSG Presisi Mapolda Lampung, Selasa (1/8/2023).

Usai pelantikan, AKBP. Maya Henny Hitijahubessy mengatakan bersyukur diamanatkan menjadi kapolres perempuan pertama di kabuaten berjuluk "Andan Jejama".

Sebagian wilayah barunya kawasan wisata, dia akan memprioritaskan kawasan wisata. AKBP. Maya Henny Hitijahubessy optimalisasi fungsi kepolisian mulai lalu lintas, preventif, patroli Sabhara, preventif dari Binmas, dan kolaborasi mengamankan kawasan wisata. (Rama)