Helo Indonesia

SMAN Wayjepara Dapat DAK Rp2,469 Miliar Rehab TA 2023

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 28 Juli 2023 10:01
    Bagikan  
Foto Ist.

Foto Ist. -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Pusat mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) RP2,469 miliar untuk rehabilitasi gedung Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Way Jepara Lampung Timur Tahun Anggaran (TA) 2023. Pihak sekolah minta semua ikut mengawasi rehabilitasi gedung tersebut.

Pada banner proyek, tertulis rehabilitasi senilai Rp2,469 miliar dikerjakan CV.Surya Abadi Mandiri (CV.SAM) dengan masa kontrak 120 hari kerja. Rekanan yang tak menjelaskan alamat perusahaan akan mengerjakan sejumlah rehabilitasi yakni rehabilitasi ruang kelas, laboratorium kimia, perpustakaan, ruang guru, toilet lengkap dengan sanitasinya, ruang tata usaha, ruang kepala sekolah dan ruang UKS. Saat ini sejumlah pekerja mulai membongkar sejumlah tempat yang akan direnovasi.

Kepala SMAN Way Jepara Suparwan mengapresiasi pemerintah pusat yang telah mengucurkan DAK sebesar Rp2,469 miliar untuk merehabilitasi sejumlah fasilitas di sekolah yang dipimpinnya. Apalagi sejumlah ruangan sekolah yang pertamakali meluluskan siswa 1987 silam itu belum pernah tersentuh perbaikan atau rehabilitasi. " Kita sangat bersyukur SMA kebanggaan kita pada tahun ini dapat anggaran miliaran untuk rehabilitasi berbagai fasilitas," kata Suparwan Kamis (27-7).

Baca juga: Gubernur Arinal Membuka Seminar Ilmiah dan Kongres XXVII PFI

Proyek miliaran itu, ujarnya, murni dikerjakan pihak rekanan atau rekanan pemenang tender. Sedangkan pihak sekolah tak mencampuri pelaksanaan rehabilitasi tersebut. "Kita terima barang jadi dan tak mencampuri pelaksanaan proyek regabilitasi. Semua wewenang kontraktor," tegas Suparwan.

Oleh sebab itu, karena proyek miliaran itu bersumber dari uang negara, pihaknya tak keberatan semua mitra termasuk insan pers mengawasi rehabilitasi dimaksud "Silakan teman-teman wartawan tiap hari datang mengawasi. Kita mengharapkan kualitas yang baik. Apalagi anggarannya bersumber dari uang rakyat,"ungkapnya.

Mantan Kepala SMAN Purbolinggo itu berharap, sepanjang tahun, pemerintah mengucurkan anggaran ke sekolah favorit di Lampung Timur tersebut. Sehingga sepanjang tahun sekolah yang mendidik lebih seribu siswa itu ada perbaikan atau penambahan fasilitas.
"Kita berharap sepanjang tahun sekolah kebanggaan warga Lampung Timur selalu dapat bantuan. Sehingga sekokah kita sejajar dengan sekolah lain di tanah air,"pungkas Suparwan. (Khairuddin)