Helo Indonesia

103 Mahasiswa USM Ikuti LKMM TM, Rektor: Pelatihan Modal Awal Berorganisasi

Senin, 24 Juli 2023 08:04
    Bagikan  
103 Mahasiswa USM Ikuti LKMM TM, Rektor: Pelatihan Modal Awal Berorganisasi

PENGHARGAAN: Rektor USM Dr Supari ST MT (kedua dari kanan) Wakil Rektor III Dr Muhammad Junaidi SHI MH (kiri) saat memberikan penghargaan kepada para mahasiswa USM yang berprestasi. Foto: Ist.

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Sebanyak 103 mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM TM) yang digelar Bagian Kemahasiswaan dan Alumni USM pada 21-23 Juli 2023 di Aula Prof Ir Jeotata Hadihardaja, Semarang dan Bukit Soka, Salatiga.

Ke-103 peserta tersebut terdiri atas perwakilan dari Orma di USM, antara lain Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Mahasiswa USM, Fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket, UKM Bulu Tangkis, UKM Fokus, UKM Panahan, UKM Bola Voli, UKM Sepak Bola, UKM Basket, UKM Karate, UKM Taekwondo, dan UKM Tenis Meja.

Kegiatan dibuka Rektor USM Dr Supari ST MT. Menurut rektor, kemampuan seseorang dalam mencapai prestasi tidak diperlukan tubuh yang lengkap dan atau tingkat sosial yang tinggi tetapi hal ini dapat dilakukan dengan melalui usaha yang tinggi dalam mencapai prestasi puncak.

''Contoh Putri Ariani dengan kapasitas diri yang tidak sempurna tetapi dia bisa berprestasi menjadi kebanggaan bangsa,'' kata Supari, mengingatkan salah satu talenta Indonesia yang memukau dunia di kompetisi America’s Got Talent 2023.

Modal Awal

Dia mengatakan, setiap mahasiswa khususnya yang duduk dalam kepengurusan organisasi mahasiswa harus ikut LKMM TM 2023, karena merupakan modal awal dalam berorganisasi dan menghadapi era globalisasi.

Dalam kesempatan itu, Rektor menyerahkan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tahun 2023, antara lain kepada tim futsal USM yang meraih juara 3 kejuaraan futsal "industrial competitive futsal 2023, peraih juara 2 kejuaraan Bridge Turnamen 2023, dan peraih juara 1 ganda putri kejuaraan badminton UII competition 2023.

Pada kegiatan ini ada beberapa materi yang disampaikan di hari pertama untuk mahasiswa di antaranya wawasan global dengan tema ''Peluang dan Tantangan (Iptek, Inovasi, dan Globalisasi) oleh Dr Supari ST MT, Organisasi Modern oleh Dr Muhammad Junaidi SHI MH, Wawasan Kebangsaan/Bela Negara dan Berpikir Kritis Kreatif dan Inovatif dalam Berorganisasi, serta Rencana Pengembangan Organisasi (RPO) oleh Helen Intania SH MH.

Pada hari kedua, ada empat materi yaitu konsep dan aplikasi sahabat sebagai alat analisis organisasi oleh Bambang Sulistyanto MAgr SC PhD, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi oleh Syaiful Hadi ST MKom, dan kebijakan birokrasi bidang kemahasiswaan dan alumni oleh Ahmad Isyabul Izzi SKom. (ADE)