Helo Indonesia

Seruduk Angkudes di Bukateja, Bus Pariwisata Terguling ke Saluran Irigasi

Senin, 17 Juli 2023 16:01
    Bagikan  
Seruduk Angkudes di Bukateja, Bus Pariwisata Terguling ke Saluran Irigasi

Bus pariwisata masuk ke salurun irigasi usai menabrak angkudes di Bukateja

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Purwandaru Bukateja, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Senin pagi 17 Juli 2023. Bus pariwisata menyeruduk angkutan pedesaan (angkudes) kemudian terguling dan masuk saluran irigasi.

Kapolsek Bukateja Iptu Rohmat Setyadi mengatakan kecelakan lalu lintas terjadi di Jalan Purwandaru Bukateja sekitar pukul 07.10 WIB. Bus pariwisata yang kosong penumpang tersebut menabrak angkudes kemudian bus terguling masuk saluran irigasi.

"Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Saat kejadian bus dan angkudes tidak ada penumpang, hanya sopir dan kenek saja. Seluruhnya tidak mengalami luka," jelas kapolsek.

Kendaraan yang terlibat kecelakaan yaitu bus pariwisata bernomor polisi R-7021-QD dengan angkudes bernomor polisi R-1494-QC jurusan Bukateja - Kutawis. Bus dikemudikan oleh Akhmad Khoerun Anwar (28) warga Pucang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara. Sedangkan angkudes dikemudikan oleh Hermanto (58) warga Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga.

Berjalan Searah

Menurut keterangan saksi bernama Mahwati (58) warga Bukateja sebelum kejadian bus melaju dari arah barat (PurbaIingga) ke arah timur (Bukateja). Di depan bus, melaju angkudes yang berjalan searah. Sampai di lokasi kejadian, bus berusaha mendahului dari sebelah kiri angkudes.

"Menurut saksi, saat hendak disalip angkudes yang semula melaju agak ke tengah justru ikut menepi ke arah kiri sehingga terjadi tabrakan," ungkap kapolsek.

Akibat tabrakan tersebut bus terguling ke pinggir jalan dan masuk ke saluran irigasi yang sedang surut airnya. Sedangkan angkudes tidak terguling hanya mengalami kaca retak dan penyok bagian belakang kendaraan sebelah kiri.

Kapolsek menambahkan kasus kecelakaan tersebut kemudian diserahkan penangannya ke Unit Gakkum Satlantas Polres Purbalingga. Bus yang terguling kemudian dievakuasi menggunakan kendaraan crane. (Aji)