Helo Indonesia

Tim Dokter Israel Sukses Sambungkan Kepala Bocah yang Kecelakaan Lantas

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 15 Juli 2023 18:54
    Bagikan  
Ilustrasi operasi

Ilustrasi operasi - (Foto Net)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Tim dokter yang dipimpin dr. Ohad Einav dari Israel berhasil menyambungkan kembali kepala bocah laki-laki berusia 12 tahun ke lehernya akibat kecelakaan lalu lintas.

Dikutip Helo Indonesia Lampung dari Times of Israel, Suleiman Hassan, Sabtu (15/7/2023), tengkorak bocah tersebut terlepas dari tulang belakang bagian atas atau istilahnya “pemenggalan internal”.

Kondisi ini secara ilmiah dikenal sebagai dislokasi sendi atlanto oksipital bilateral. Menurut para dokter, kepalanya hampir sepenuhnya terlepas dari pangkal lehernya.

Operasi yang mereka lakukan rumit, bukan operasi biasa, apalagi pada anak-anak dan remaja. Diperlukan, dokter ahli bedah yang berpengetahuan dan pengalaman untuk menyambungkannya.

Baca juga: Warga Register Cemas, Khawatir Pemprov Lampung Abai Kebijakan Pusat

Menurut dr. Ohad Einav, ahli bedah ortopedi dari Pusat Medis Hadassah, Israel, operasi tersebut memakan waktu beberapa jam dan memerlukan penempatan “pelat dan fiksasi baru di area yang rusak.

Menurut dia, operasi berhasil berkat pengetahuan dan teknologi paling inovatif di ruang operasi. Para ahli bedah masih merasa kesuksesan tersebut sebagai mukjizat, peluangnya fifty-fifty.

Mereka baru memberitahukan hal ini pada bulan Juli 2023. Kejadiannya sendiri pada bulan Juni 2023. Orangtua korban sangat berterima kasih karena Suleiman adalah anak tunggalnya. (HBM)