Helo Indonesia

JMSI Diharapkan Bawaslu Ikut Wujudkan Pemilu Sehat dan Demokratis

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 13 Juli 2023 20:50
    Bagikan  
Workshop Bawaslu

Workshop Bawaslu - (Foto JMSI/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Bawaslu berharap Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Lampung menjadi bagian dari elemen masyarakat yang dapat turut mewujudkan proses pemilu yang partisipatif, sehat, dan demokratis.

JMSI bersama stakeholder diundang Workshop "Pengawasan Partisipatif" untuk Sukseskan Pemilu Tahun 2024" yang diinisiasi Bawaslu Pusat dan difasilitasi Bawaslu Lampung di Hotel Novotel, Kota Bandarlampung, Kamis (13/07/2023).

Elemen masyarakat lainnya dari kepemudaan, pemantau pemilu, BEM, pemilih disabilitas, hingga pemilih pemula.Tujuan workshop, bagaimana mewujudkan pemilu yang sehat dan demokratis,” kata Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar.

JMSI Lampung yang dipimpin Ahmad Novriwan diwakili Ketua Bidang Verifikasi Media Massa Online JMSI Provinsi Lampung Junaidi Ismail.

Menurut Iskardo, kunci suksesnya pemilu berkualitas adanya pemilih yang cerdas dan berintegritas serta keikutsertaan pemilih dan pengawas jalannya proses pemilu secara partisipatif.

Baca juga: Buku Ghozali dan Syaripudin Begawei Cakak Pepadun Abung Siwo Migo

Workshop pengawasan partisipatif ini merupakan bentuk usaha mewujudkan cita-cita besar Bawaslu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu. Program ini dirancang sedemikian rupa yang didesain sebagai Pusat Pengawasan Partisipatif.

undefined

Junaidi Ismail dari JMSI Lampung (tengah) (Foto JMSI/Helo)

Kegiatan workshop ini diisi oleh narasumber Nasional yaitu Maman Kurniawan Syahputra Silaban Ketua Lembaga Pemantau Pemilu GMNI dan Mike Verawati Tangka. Kedua narasumber tersebut merupakan tokoh yang berpengalaman dalam bidang kepemiluan dan demokrasi.

Kegiatan workshop dilanjutkan diskusi dan tanya jawab dengan peserta workshop. (JMSI)