bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Gelar Operasi Patuh Candi 2023, Upaya Polres Kendal Tekan Fatalitas Kecelakaan Lalu Lintas

Senin, 10 Juli 2023 12:50
    Bagikan  
Gelar Operasi Patuh Candi 2023, Upaya Polres Kendal Tekan Fatalitas Kecelakaan Lalu Lintas

Kapolres Kendal bersama Sekda dan Dandim 0715/Kendal saat mengecek kesiapan personel dan sarana penunjang Operasi Patuh Candi 2023, Senin (10/7/2023). Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Hingga saat ini ada 55 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Kendal.
Hal ini diungkapkan oleh Kasatlantas Polres Kendal, AKP Rizky Widyo Pratomo usai kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2023 di Mapolres Kendal, Senin 10 Juli 2023.

AKP Rizky Widyo Pratomo menyebut, hingga hari ini sudah ada 295 kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Kendal yang mengakibatkan 55 orang meninggal dunia.
"Korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 55 orang. Sehingga melalui Operasi apatuh Candi ini untuk menekankan kualitas dan kuantitas. Jadi fatalitas kecelakaan terus kita tekan dengan adanya operasi patuh candi," jelasnya.

Dia mengimbau, agar masyarakat semakin tertib dalam berlalu lintas guna menekan angka kecelakaan dan fatalitas kecelakaan. Diantaranya dengan penggunaan helm sesuai SNI, tidak melawan arus, penggunaan kendaraan standart dan berbagai pelanggaran yang lainnya seperti mengemudi dibawah kendali alkohol, maupun handphone.

"Terutama menjelang Hari Jadi Kabupaten Kendal dan HUT Kemerdekaan yang tentunya banyak event. Kita juga antisipasi kaitannya dengan fatalitas ini yang harus kita tekan dengan mendisiplinkan masyarakat," tandas AKP Rizky Widyo Pratomo.

Sementara itu, Plh Kabag Ops, AKP Abdullah Umar mengatakan, dalam Operasi Patuh Candi 2023, Polres Kendal telah menyiapkan sejumlah 48 personel. Dimana pihaknya lebih mengedepankan tindakan preventif, preemtif, dan edukatif dengan mengutamakan tilang elektronik atau ETLE. 

"Jadi disini yang kita kedepankan adalah preemtif dan preventif. Untuk kegiatan operasi ini 40 persen preemtif, 40 persen preventif dan 20 persen penegakan hukum," ujar AKP Abdullah Umar.

14 Hari

Ditambahkannya, Operasi Patuh Candi 2023 digelar serentak selama 14 hari yakni tanggal 10 - 23 Juli 2023. Tujuannya adalah untuk menurunkan angka pelanggaran, angka kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas kecelakaan serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Jadi dalam pelaksanaan nanti kita bisa melaksanakan secara mobile dan stasioner. Yang akan kita tindak itu yang kasat mata seperti tidak membawa helm, melanggar rambu-rambu lalu lintas dan lain sebagainya," imbuhnya.

Kegiatan Apel Operasi Patuh Candi 2023 dipimpin Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam H, dihadiri Sekda Kendal, Sugiono dan Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Jenry Polii.

Kapolres Kendal saat menyampaikan amanatnya menekankan kepada para personel Operasi Patuh Candi 2023 agar mengutamakan keamanan keselamatan sesuai prosedur yang telah ditentukan. Menghindari tindakan kontra produktif, pungli, arogan dan sewenang-wenang.

"Melakukan penegakan hukum yang humanis, tegas yang menjunjung tinggi hak azasi manusia. Serta melakukan tugas Operasi Patuh Candi dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat," tegas Kapolres Kendal. (Anik)