Helo Indonesia

Viral Juara 2 Pantai Terkotor se-Indonesia, Begini Kata DLH BL

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 9 Juli 2023 11:28
    Bagikan  
Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Bandarlampung Budiman P Mega

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Bandarlampung Budiman P Mega -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Setelah belasan tahun diabaikan, setelah lautan sampah Sukaraja dikatakan terkotor kedua se-Indonesia oleh lima anak muda Tiktokers @Pandawara, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandarlampung baru terdengar suaranya.

Kepala DLH Budiman P Mega mengapresiasi perhatian anak-anak muda yang peduli lingkungan hidup, khususnya daerah pinggir pantai. "Kami akan membantu dengan menurunkan tim dari DLH dengan masing-masing 2 sift, 60 petugas," katanya.

Budiman P Mega mengatakan hal itu kepada Helo Indonesia Lampung, Minggu (9/7/2023) menanggapi video Tiktokers @Pandawara yang akan turun mengajak masyarakat untuk membersihkan sampah di Jl. Ikan Selar, Kecamatan Sukaraja, Kota Bandarlampung, Senin (10/7/2023), pukul 07.00 WIB.

Lebih lanjut, Budiman P Mega. menjelaskan bahwa bersih-bersih itu bagian dari program Wali Kota Eva Dwiana untuk bersih-bersih dan sudah berjalan. Apalagi ada informasi dari anak-anak muda yang akan turun membantu bersih-bersih sampah di pantai telu.

Baca juga: Bandarlampung Viral, Gerebek Kota Cantik Berpantai Lautan Sampah

"Kita senang sekali artinya ada kepedulian terhadap lingkungan," ujarnya. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Bumiwaras agar masyarakat sekitar kecamatan juga ikut membantunya.

Camat Bumiwaras Budi menyatakan kesiapannya bersama warga akan turun membantu DLH untuk membersihkan sampah-sampah di wilayahnya.

undefined

Tiktokers @Pandawara saat mengundang bersih-bersih sampah di Pantai Kota Bandarlampung (Foto IG Pandawara/Helo)

"Kita juga mengapresiasi perhatian dari anak-anak muda Pandwara yang sudah memberikan informasi untuk membantu membersihkan sampah yang ada di pesisir pantai," tukasnya.

Kota Bandarlampung viral dengan sampahnya akhir pekan kedua Juli 2023. Tiktokers Pandawara yang mengunggah pantai sampah di kota yang wali kotanya bermisi menjadikan kota ini cantik dan punya program gerebek sungai.

Baca juga: Mahfud MD, Capres Alternatif Yang Bakal Jadi Kuda Hitam di pilpres 2024

Berdiri di atas tumpukan sampah, salah seorang dari lima tim tiktoker @pandwara mengunggah dalam postingannya dengan kalimat menggoda: Lampung, mohon maaf, pantai terkotor kedua di Indonesia ada di daerah kalian.

Para anak muda itu tak bermaksud menjelekkan wajah Kota Bandarlampung. Mereka malah mengajak semua pihak berkolaborasi membersihkan tumpukan sampah di Jl. Ikan Selar, Kecamatan Sukaraja, Kota Bandarlampung, Senin (10/7/2023), pukul 07.00 WIB.

Mereka anggap juga gerebek sampahnya sebagai party (pesta). Para tiktoker ini mencari 1000 relawan orang Lampung untuk menggarap sampah tersebut. "Warga Lampung lets joint in party," ujar nya.

Kelima tiktoker itu memilih konsen terhadap lingkungan. "Lagi-lagi kita menemukan kondisi pantai yang sama. Tempat ini menjadi korban acuhnya kita terhadap lingkungan," ujar tiktoker terakhir.

Dia menilai perlu kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah Provinsi Lampung untuk menanggulangi masalah ini. Video lalu ditutup dengan pernyataan anak-anak sekitar lokasi yang menginginkan pantainya bersih. (Hajim)