Helo Indonesia

Tim SAR Pakai Drone Cari Mahasiswa ITERA yang Terseret Ombak di Pesibar

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 8 Juli 2023 08:04
    Bagikan  
Tim SAR Gabungan terus mencari mahasiswa yang terseret ombak

Tim SAR Gabungan terus mencari mahasiswa yang terseret ombak - (Foto Basarnas/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - SAR Gabungan membagi tim menjadi 4 SRU (SAR Rescue Unit) untuk menemukan mahasiswa KKN ITERA yang terseret ombak di Pantai Pekon Kerbang Dalam, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

SAR Gabungan yang juga diperkuat Dirsamapta Polda Lampung juga menurunkan drone untuk pencarian visual dari udara. Namun, hari ketiga, dari pagi hingga petang, tim belum menemukan tanda-tanda.

Koordinator Pos SAR Tanggamus Roby Rusliansyah mengatakan pada Jumat (7/7/2023), pukul 07.00 WIB, Tim SAR Gabungan briefing dan membagi tim menjadi 4 SRU sesuai dengan area pencarian.

SRU 1 pencarian menuju hulu atau arah Utara sekitar 6,5 Nm (Nautical Mile) dari lokasi kejadian. SRU 2 area pencarian menuju arah hilir atau arah Selatan sekitar 6,5 Nm dari lokasi kejadian," katanya.

Baca juga: Penerapan Strategi Pemasaran Bisnis Jitu akan Menarik Perhatian Konsumen

SRU 3 melaksanakan pencarian arah garis lurus dari lokasi kejadian sejauh 6,5 Nm dan yang terakhir SRU 4 melaksanakan pencarian secara visual menyisir sepanjang pantai radius 8 km.

Kondisi gelombang laut yang cukup tinggi juga menjadi salah satu kendala dalam pencarian hari ini. Berdasarkan data dari BMKG, gelombang berkisar antara 1,5 m hingga 2,5 m dan kecepatan angin di perairan mencapai 15 knots,"paparnya

Roby Rusliansyah menjelaskan, bahwa upaya pencarian hari ke 3 dilaksanakan secara maksimal. "Pencarian hari ke 3 kita laksanakan pencarian ke arah hulu, hilir dan arah garis lurus sejauh 6,5 Nm dari lokasi kejadian.

Namun hingga pukul 17.30 WIB pencarian belum membuahkan hasil, dan pencarian akan dilanjutkan kembali pada Sabtu (08/07), terang Roby mewakili Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah selaku SAR Mission Coordin (Rel SMC/Hajim)