Helo Indonesia

Di Google Maps, Gedung DPR Berubah Nama Kandang dan Peternakan Tikus

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 3 Juli 2023 20:54
    Bagikan  
Nama-nama kawasan kompleks Gedung DPR RI yang berubah beragam nama

Nama-nama kawasan kompleks Gedung DPR RI yang berubah beragam nama - (Screenshot)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -  Maps berubah mendadak menuliskan beragam nama kawasan Gedung DPR RI, yakni Kandang Tikus, Gedung Korupsi, Peternakan Tikus, hingga menjadi Dewan Pengkhianat Rakyat (DPR/MPR/DPD).

Nama-nama tersebut berubah Minggu (2/7/2023). Namun, Senin (3/7/2023) pukul 15.30 WIB, nama Gedung DPR telah kembali normal. Hanya saja, terdapat satu gedung yang masih dinamakan "Peternakan Tikus."

Bahkan di Twitter, terdapat tangkapan layar Google Maps terkait perubahan nama Gedung DPR RI seperti "Gedung Tikus Turu," "Tikus DPR RI," hingga "Istana Tikus Berdasi."

Pantauan Helo Indonesia Lampung, nama-nama Gedung DPR yang diganti nama hewan pengerat itu sudah tak ada lagi. Semua titik di Komplek DPR/MPR/DPD kembali ke nama asalnya. Tidak diketahui siapa yang mengubah nama Gedung DPR tersebut.

Baca juga: SMAN 4 Bukannya Minta Maaf Tahan Ijazah 2 Tahun, Korban Direkam Minta Maaf dan Bilang Ijazah Gratis

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas perubahan nama tersebut. Para wakil rakyat menanggapi dingin perubahan sebentar nama-nama tersebut.

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengataka hal ini disikapi secara positifbdengan menunjukkan kinerja. Anggota DPR RI Fraksi PPP Arsul Sani berpendapat perubahan itu sebagai "kenakalan demokrasi."

Para nitizen menanggapi beragam namun yang menilai nama-nama tersebut cocok. Komennya antara lain:
1. Cocok bngt namanyaa itu min????," imbuh yang lain.
2. "Pescontrol seluruh indonesia senang mendengar berita ini,siap taburkan racun tikus," kata warganet berbeda.

Baca juga: Sebelum Diperiksa Kejaksaan Agung, Menpora Dito Masih Punya Acara dengan Presiden Jokowi dan di Kemenpora

Komplek MPR/DPR/DPD RI terdiri dari beberapa gedung. Gedung Nusantara yang merupakan gedung utama dalam komplek MPR/DPR/DPD yang berbentuk kubah dengan bentuk setengah lingkaran yang melambangkan kepakan sayap burung yang akan lepas landas. Masyarakat kerap menyebutnya sebagai gedung kura-kura.

Terdapat pula Gedung Nusantara I setinggi 100 meter dengan 24 lantai yang diresmikan, Gedung Nusantara II, Gedung Nusantara III, Gedung Nusantara IV, Gedung Nusantara V, Gedung Bharana Graha, Gedung Sekretariat Jenderal MPR/DPR/DPD, Gedung Mekanik, dan Masjid Baiturrahman. (HBM)