Helo Indonesia

Terulang Lagi, Sekolah Tahan 2 Tahun Ijazah Karena Belum Lunas Komite

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 3 Juli 2023 12:07
    Bagikan  
Pihak sekolah baru menyerahkan ijazah setelah viral

Pihak sekolah baru menyerahkan ijazah setelah viral - (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Ternyata penahanan ijazah gara-gara tak mampu menyelesaikan uang komite masih ada di Lampung. Kali ini, SMAN 4 Kota Bandarlampung yang menahan tanda kelulusan seorang pelajar sejak dua tahun lalu.

Setelah viral, pihak sekolah baru menyerahkannya di sekolah, Senin (3/7/2023). Pihak sekolah telah menahan ijazah Muhammad Rico Dwiyansah sejak lulus pada Tahun Ajaran 2021.

Orangtua siswa tak mampu membayar separuh sisa uang Komite sebesar Rp6 juta. Muslih, paman dari Muhammad Rico Dwiyansah, membenarkan mereka belum mampu untuk melunasi tunggakan uang komite keponakannya.

Baca juga: Sidang Kabinet, Presiden Jokowi Ingatkan Potensi Krisis

Padahal, ijazah tersebut sangat dibutuhkan oleh keponakannya untuk melamar pekerjaan. Muhammad Rico Dwiyansah dengan Nomor Induk Siswa 14540, NISN 0045451568 dan NPSN 10807065.

Sebelumnya, dunia pendidikan daerah ini gaduh dengan adanya penahanan ijazah akibat persoalan yang sama, yakni belum dapat melunasi uang Komite. Padahal, sumbangan tersebut bersifat sukarela.

"Harus ada sanksi terhadap pemangku yang bertanggung jawab atas ketelodoran semacam ini," kata Apriadi Alwi, ketua Paguyuban Pesisir Lampung kepada Helo Indonesia. (HBM)