Helo Indonesia

MKKS SMA Nyatakan PPDB 2023 Aman dan Lancar

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 26 Juni 2023 22:26
    Bagikan  
 (Foto Hajim/HI)

(Foto Hajim/HI) - Ketua dan Bendahara MKKS SMA Lampung, Hendra Putra, M.Pd (tengah) dan Tri Winarsih, M.Pd (kiri), didampingi Wakil Kepala Bidang Humas SMAN 2 Bandarlampung Edi Pristiono, M.Pd,

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - MKKS SMA Provinsi Lampung menyatakan penerimaan 35.457 Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Tahun Pelajaran 2023/2024 selesai dengan aman dan lancar. "Tinggal tahap daftar ulang," katanya.

PPDB SMA/SMK mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Peraturan Gubernur Lampung, Surat Edaran Sekretaris Daerah, dan Petunjuk Teknis PPDB Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Provinsi Lampung, berakhir aman dan lancar.

Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung Hendra Putra bersyukur PPDB SMA tahun ini berakhir lancar. "Dalam melaksanakan PPDB kami sudah melakukan sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku," ujarnya, Senin (26/6/2023)

" PPDB SMA tahun ini menerima 35.457 calon peserta didik, jumlah itu tersebar pada SMA negeri se-Provinsi Lampung. Data yang disampaikan ini merupakan pendaftaran secara online,” terangnya

Baca juga: Kurangi Inflasi, Pemkab Peswaran Gandeng Badan Pangan Nasional

Lebih lanjut, Hendra Putra menambahkan, jumlah tersebut belum memenuhi daya tampung SMA negeri se-Lampung yang ditetapkan 40.507 calon peserta didik. Sehingga ada 5.050 bangku pada SMA negeri se-Lampung yang masih kosong atau tidak terisi,"ujarnya

“Daya tampung SMA negeri se-Bandar Lampung dan Tulangbawang Barat semuanya telah terisi, namun daerah lain ada yang tidak. Meski tidak terisi, namun kami pastikan bangku itu tetap dibiarkan,” ujar Kepala SMAN 2 Bandarlampung itu.

Sementara Ketua MKKS SMK Provinsi Lampung, Moh Edy Harjito, juga mengaku lega bahwa PPDB jenjang SMK Negeri di Lampung berlangsung tertib, aman, dan lancar, bahkan untuk PPDB tahun ini kondusif karena panitia mengacu pada juknis PPDB.

Baca juga: FPDIP Nilai Pembangunan Lampung Buruk, 6 Indikator RKPD Tak Tercapai

“Insyaallah tidak ada kecurangan pada PPDB tahun ini. Kami sudah diingatkan bahwa PPDB harus dilaksanakan secara objektif, transparan, akuntabel, dan nondiskriminatif, tentunya juga mengacu para peraturan yang berlaku,” sambungnya

Pada PPDB SMK tahun ini, katanya SMK negeri se-Lampung menerima 25.371 calon peserta didik dengan jumlah pendaftar mencapai 29.007 peserta. Meski pendaftar lebih banyak, namun SMK masih kekurangan 3.897 calon peserta didik.

“Mengapa masih kurang?, karena ada SMK dibeberapa daerah peminatnya lebih rendah dari daya tampung yang disediakan sekolah. Begitu juga sebaliknya, seperti Kota Bandar Lampung pendaftar lebih besar dari daya tampung,”tukasnya. (Hajim)