bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tingkatkan Mutu dan Martabat Pers, PWI Provinsi Lampung Gelar Diklat

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 24 Juni 2023 16:43
    Bagikan  
Saat akan melaksanakan Diklat

Saat akan melaksanakan Diklat - (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung, menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dengan mengusung tema "Wartawan Kompeten Jalan Untuk Meningkatkan Mutu dan Martabat Pers".

Diklat tersebut diikuti sebanyak 84 peserta dari berbagai daerah yang dilaksanakan di Balai Wartawan H. Solfian Ahmad Bandar Lampung, Sabtu (24/06/2023).

"Tujuan PWI Provinsi Lampung mengadakan Diklat untuk penguatan kompetensi wartawan muda PWI se Provinsi Lampung tahun 2023,"kata Ketua PWI, Wirahadikusumah.

Selain itu, Lanjut Wira, pelaksanaan diklat wartawan muda merupakan persyaratan awal bagi wartawan yang ingin bergabung menjadi anggota biasa di PWi.

Baca juga: Ganjar Berduka Atas Kepergian Desmond: Kami Sering Bertabrakan dalam Politik, Tapi Bersama untuk Rakyat

"Ini merupakan langkah awal atau syarat mutlak bagi wartawan yang ingin bergabung di organisasi PWI," ujarnya.

Dia juga menjelaskan, bagi peserta diklat akan diberi materi terkait sejarah PWI, kode etik jurnalistik hingga pembekalan dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan dan Peserta akan diajarkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia jurnalistik dan mengenal lebih dekat apa itu organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia.

"Untuk itu saya berharap agar seluruh peserta benar-benar menyimak dan mengikuti kegiatan diklat sehingga pada saat melaksanakan tugas-tugas jurnalistik di lapangan tidak melenceng dari Kode Etik Jurnalistik,”imbuhnya (Rohman).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Lampung Budi Setiawan menyampaikan kepada peserta diklat untuk benar-benar memperhatikan dengan baik apa yang akan disampaikan oleh narasumber nanti. supaya praktek dilapangan tidak keliru dan tidak melanggar KEJ dan apa yang dihasilkan di lapangan bisa dipertanggungjawabkan.

"Saya berharap kalian semua bisa mengikuti diklat ini dengan baik sehingga apa yang akan disampaikan oleh narasumber bisa diterima dan di praktekan di tempat daerah kalian bekerja masing-masing dan bisa menghasilkan produk jurnalistik yang bisa dipahami," imbuhnya (Rohman)