Helo Indonesia

Menghadapi Pemilu 2024, Satkamling yang Aktif Masih 60 Persen

Rabu, 21 Juni 2023 14:22
    Bagikan  
Menghadapi Pemilu 2024, Satkamling yang Aktif Masih 60 Persen

Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam bersama Sekda Kendal, Sugiono dengan Pemenang Lomba Siskamling. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui amanat yang dibacakan Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam mengharapkan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) untuk kembali diaktifkan.

Hal tersebut disampaikan saat Apel Kepala Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) 2023 yang digelar di halaman Mapolres Kendal, Rabu 21 Juni 2023.

Kapolres Kendal mengatakan, dari jumlah satkamling yang ada, hanya 60 persen yang aktif. Sehingga dibutuhkan peran serta masyarakat serta stakeholder terkait untuk melakukan upaya revitalisasi satkamling dengan mengaktifkan dan memberdayakan satkamling yang ada maupun membentuk satkamling baru sesuai target yang telah disepakati bersama.

"Saat ini satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas. Terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu serentak 2024," ujar Kapolres.

Dirinya mengajak seluruh satkamling ikut mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi. Karena keberhasilan Pemilu 2024 akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Indonesia emas.

"Saya berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul menjadi cooling sistem dilingkungannya masing-masing. Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan
Karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama," tegasnya.


Tingkatkan Semangat


Menurutnya, kegiatan ini adalah upaya meningkatkan semangat dalam memelihara ketertiban masyarakat, tentunya dengan dinamika keamanan yang kondusif merupakan wujud peran serta masyarakat sebagai garda terdepan dalam menangani pencegahan permasalahan di tingkat desa.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam H juga memberikan piagam penghargaan kepada kelompok masyarakat yang berhasil memenangkan Juara lomba siskamling tingkat Polres Kendal.

Sekda Kendal, Sugiono mengucapkan terima kasih kepada linmas yang ada di Kabupaten Kendal yang bisa melaksanakan tugas secara swa mandiri. Menurutnya linmas ini adalah ujung tombak dari pada keamanan lingkungan desa.

"Jumlah Polri maupun TNI yang ada di Kabupaten tidak mungkin mencukupi untuk bisa mengamankan masyarakat terutama pada saat nanti pemilu. Maka kita sangat terima kasih sekali kepada linmas ini khususnya di Kabupaten Kendal bisa berjalan dan bisa melaksanakan ketertibannya secara swa mandiri," ujar Sugiono. (Anik)