bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Persiapan Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2023 di USM Capai 100 Persen

Senin, 19 Juni 2023 20:01
    Bagikan  
Persiapan Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2023 di USM Capai 100 Persen

Ketua Panitia KRI 2023 Andi Kurniawan Nugroho saat menyampaikan keterangan persiapan lomba di USM

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Universitas Semarang (USM) sudah siap menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional yang akan berlangsung pada 21-26 Juni 2023.

Untuk running test akan dilaksanakan 22-23 Juni sebagai persiapan terakhir sebelum memasuki tahap perlombaan.

Ketua Panitia KRI 2023, Dr Andi Kurniawan Nugroho ST MT IPM menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan venue, penginapan, dan media massa yang akan mempublikasi kegiatan. Seluruh lapangan yang akan dijadikan lomba sudah siap 100 persen.

''Kontes robot kali ini memperlombakan tujuh divisi. Kami sudah menyiapkan tempat untuk lomba masing-masing divisi termasuk tempat yang akan digunakan untuk kontes robot sepak bola humanoid,'' kata Andi dalam keterangannya, Senin 19 Juni 2023.

KRI 2023 akan diikuti 136 tim terdiri atas 24 tim Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), 24 tim Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), 19 tim Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)-Beroda, 12 Tim Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)-Humanoid, 17 Tim Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), 24 Tim Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) dan 16 Tim Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI), dengan total jumlah peserta dan pembimbing 756 orang dari 50 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.


Butuh Dukungan


Andi mengatakan, total hadiah yang akan diberikan pada masing-masing divisi belum diumumkan sesuai dengan arahan dari BPTI.
“Juara 1,2, 3 dan juara harapan masing-masing divisi akan menerima penghargaan. Selain itu, ada 2 penghargaan khusus untuk kategori terbaik dalam algoritma dan desain,'' ucapnya.

Sebagai rumah, dia berharap, KRI 2023 dapat berjalan baik. Selain itu juga tim KRI USM dapat meraih prestasi bagus seperti tahun sebelumnya.

''Kami berharap, dengan adanya dukungan semua pihak, KRI 2023 dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Disampin itu tim KRI USM bisa mempertahankan prestasi sebagai juara 3 KRSBI-Beroda. Syukur kalau bisa juara di divisi lainnya,'' ungkapnya.(Aji)