Helo Indonesia

Disbunak Pesawaran Lepas Tim Satgas Hewan Kurban

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 19 Juni 2023 19:16
    Bagikan  
Staf Ahli Ekobang Ahusnu Riski Pesawaran lepas Tim Satgas Hewan Kurban/Foto: Rama

Staf Ahli Ekobang Ahusnu Riski Pesawaran lepas Tim Satgas Hewan Kurban/Foto: Rama -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Pesawaran melakukan pelepasan 46 Tim Satuan Tugas (Satgas) Hewan Kurban, jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M.

Pelepasan Tim Satgas Hewan Kurban tersebut dilepas langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pesawaran Wildan yang diwakili Staf Ahli Ekobang Alhusnu Riski di halaman kantor Disbunak setempat.

Kepala Disbunak Pesawaran Dedy Noviansyah mengatakan, Tim Satgas tersebut akan disebar di 148 desa 11 kecamatan yang ada di Bumi Andan Jejama.

"Dari 46 Tim Satgas Hewan Kurban itu, kita bagi untuk 11 kecamatan dan yang paling banyak di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tegineneng, Negerikaton dan Gedongtataan," kata Dedy, usai apel pelepasan Tim Satgas Hewan Kurban di halaman kantor Disbunak setempat, Senin (19/6/2023).

Dengan ketersediaan hewan kurban yang ada di Kabupaten Pesawaran, dirinya meyakini bahwa stok tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di kabupaten setempat.

"Untuk ketersediaan hewan kurban, sapi 840 ekor, kerbau 55 ekor, kambing 2.100 ekor, dan domba 115 ekor. Dari keseluruhan itu saya rasa cukup stok kita," ujarnya.

Dikatakan, bahwa tugas Tim Satgas untuk memastikan kesehatan hewan kurban tidak terjangkit penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dan penyakit Pestedes Petits Ruminants (PPR), kebersihan kandang hewan, agar tidak ada hewan kurban yang sakit.

"Nanti Tim Satgas juga melakukan sosialisasi kepada para peternak hewan kurban untuk mengantisipasi serangan penyakit LDS dan PPR," kata dia.

"Mereka juga harus bekerja untuk melakukan pengawasan dari 10 hari jelang Hari Raya Idul Adha hingga hari pemotongan hewan kurban," pungkasnya. (Rama)