Helo Indonesia

Bupati Dendi Bacakan Amanat Presiden Jokowi di Hari Kelahiran Pancasila

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 1 Juni 2023 14:43
    Bagikan  
Bupati Dendi pada prosesi peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Bupati Dendi pada prosesi peringatan Hari Kelahiran Pancasila - (Foto Humas Pemkab Pesawaran)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -  Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa Indonesia.

Pancasila juga sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, juga sebagai Bintang Penuntun (leit star) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pemkab Pesawaran, Kamis (1/6/2023).

"Tentu atas hal tersebut, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis, maupun kultural," kata Dendi.

Menurut Bupati Pesawaran dua periode itu, Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Bukan hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa. Namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, tapi harus dipraktekan dan diaktualisasikam dalam kehidupan sehari-sehari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanama di dalam hati bangsa Indonesia," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada diatas ambang batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu 20 persen. Untuk mengatasi hal tersebut, Ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia.

"Hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila," kata dia.

Ia juga berharap, dengan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

"Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, serta bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan prilaku patriotik, cinta tanah air, juga menjaga toleransi dan juga kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," pungkasnya.

Diketahui, dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 42 peserta yang lulus seleksi Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga kesehatan di lingkungan Pemkab Pesawaran formasi tahun 2022 yang akan di tempatkan di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di Kabulaten Pesawaran. (Rama)