bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Dua Nama Wakil Ketua DPRD Kendal sudah Diumumkan, Dua Lainnya Tunggu PDIP dan PKB

2 jam 10 menit lalu
    Bagikan  
Dua Nama Wakil Ketua DPRD Kendal sudah Diumumkan, Dua Lainnya Tunggu PDIP dan PKB

Rapat paripurna DPRD Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Dua nama wakil ketua definitif DPRD Kabupaten Kendal resmi diumumkan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD Selasa malam, 17 September 2024.

Kedua nama pimpinan dewan yang sudah ditetapkan yakni Bagus Bimo Alit dari Fraksi Golkar dan Teguh Santoso dari Fraksi Gerindra yang menduduki posisi Wakil Ketua DPRD.

Baca juga: Tiga Srikandi Jateng Berhasil Panah Emas Pertama di PON

Formasi susunan pimpinan DPRD Kendal ini belum lengkap. Pasalnya masih ada dua usulan rekomendasi nama pimpinan dewan belum masuk yakni dari PDIP dan PKB.

Pimpinan rapat paripurna, Bagus Bimo Alit menjelaskan, bahwa pimpinan DPRD terdiri dari satu orang Ketua DPRD dan 3 tiga orang Wakil Ketua DPRD yang berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD.

"Berdasarkan agenda surat masuk Sekretariat DPRD Kabupaten Kendal, sudah masuk usulan nama-nama dari dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak, kedua dan keempat yang akan menduduki Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kendal," terang Bimo.

Sangat Penting

Dikatakan dia, penetapan pimpinan DPRD Kendal ini sangat penting terutama memfasilitasi pembahasan anggaran dan lainnya. Sehingga dirinya mendorong agar dua partai politik yang belum mengirimkan usulan nama pimpinan dewan agar bisa segera menyampaikan ke sekretariat dewan untuk segera ditetapkan dan diajukan ke gubernur Jawa Tengah.

"Kalau dari kami urgensinya adalah efektifitas kita bekerja. Selama pimpinan sementara itu kan hanya bisa memfasilitasi rapat internal kami. Tapi untuk rapat sebagai tusi kami, salah satunya untuk pembahasan APBD tidak bisa," ungkap Bimo.

Baca juga: Hasil Lengkap Liga Champions: Liverpool dan Real Madrid Kompak, Bayern Munchen Cetak 9 Gol !

Ketua DPC PDI Perjuangan, Akhmat Suyuti mengatakan Fraksi PDIP saat ini masih menunggu keputusan dari DPP PDIP. Ia menyebutkan bahwa mekanismenya masing-masing daerah pemenang harus mengusulkan tiga nama untuk calon pimpinan.

"Dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah itu baru masuk sekitar enam. Untuk pembahasan itu kan tidak mungkin hanya enam itu saja. Karena intruksi dari DPP itu minimal tiga orang yang diajukan. Kendal salah satu yang sudah memenuhi syarat," ujar Akhmat Suyuti.

Ketua Fraksi PKB Fatkhur Rohman dalam rapat paripurna menyatakan bahwa alasan belum disetorkannya usulan nama pimpinan desan lantaran ada permasalahan internal di PKB.

"Jadi tadi sudah pada rapat pimpinan fraksi-fraksi bahwa di PKB itu ada masalah internal, mungkin sampai nunggu Pak Ketua hadir," ujar Fatkhur Rohman disela- sela rapat paripurna.

Baca juga: Manchester United Menang 7-0 Atas Barnsley, King MU Nih Bos !

Disisi lain dari Sekretaris DPC PKB, Mahfud Sodiq menampik ada permasalahan di PKB. Mahfud menegaskan bahwa internal PKB dalam kondisi baik-baik saja.

"PKB itu baik-baik semua tidak ada masalah, cuma secara kebetulan Pak Ketua hari ini ada di luar kota. Dan kita pasti nunggu arahan Pak Ketua. Insyaallah namanya sudah turun, tapi nunggu Pak ketua," tandasnya.(Anik)