bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi di Prov Lampung Meningkat, Pemprov Terima Insentif Fiskal

10 jam 48 menit lalu
    Bagikan  
Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi di Prov Lampung Meningkat, Pemprov Terima Insentif Fiskal

Staf Ahli bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung Zainal Abidin,

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -  --- Staf Ahli bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung Zainal Abidin, menjadi Inspektur Upacara Bulanan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur Lampung, Selasa (17/09/2024).

Pj. Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli bidang Ekubang Provinsi Lampung menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung pada triwulan II Tahun 2024 sebesar 4,80 (y-on-y). Hal ini, selaras dengan pertumbuhan ekonomi Republik Indonesia pada triwulan II Tahun 2024, yang tumbuh sebesar 5,05% (y-on-y) yakni sektor industri pengolahan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi kedua setelah sektor pertanian. Sedangkan inflasi di Provinsi Lampung per Agustus 2024, masih terkendali yaitu sebesar 2,33%.

Upaya-upaya penanganan inflasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung mendapatkan apresiasi pemerintah pusat berupa dana insentif fiskal untuk penghargaan kinerja pengendalian inflasi daerah periode pertama.

Provinsi Lampung mendapat alokasi insentif fiskal Tahun Anggaran 2024 sebesar 6,8 Milyar rupiah. Upaya - upaya yang telah dan akan dilakukan dalam pengendalian inflasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung berupa strategi ketersediaan pasokan, strategi keterjangkauan harga, strategi kelancaran distribusi, dan strategi komunikasi yang efektif melalui diskusi, pemantauan harga langsung ke pasar - pasar besar.

Operasi pasar dalam rangka pengendalian inflasi di Provinsi Lampung sedang dan akan dilaksanakan di 15 (lima belas) kabupaten/kota yang berkolaborasi dengan BULOG, BI, Distributor bahan pokok, BUMD PT. Wahana Raharja (PERSERODA) dan Pemerintah Kabupaten / Kota.

Selain itu beberapa upaya juga dilakukan dalam penanganan inflasi dan kemiskinan di Provinsi Lampung, yaitu : 

a. Peningkatan industri pengolahan dengan meningkatkan kompetensi para IKM yang ada di Provinsi Lampung untuk ikut serta dalam era Industri 4.0;( diskominfotik)