bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Bayah Banten Diguncang Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,2

21 jam 51 menit lalu
    Bagikan  
Gempa Bumi-
Ist

Gempa Bumi- - Wilayah Bayah Banten Diguncang Gempa Bumi.

HELOINDONESIA.COM - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4,2 mengguncang wilayah Bayah, Banten dan sekitarnya pada Selasa, 17 September 2024, pukul 04:46 WIB.

Berdasarkan analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa berada di koordinat 7.22 LS dan 106.18 BT, sekitar 33 kilometer di barat daya Bayah, pada kedalaman 22 kilometer.

Jenis Gempa dan Mekanisme

BMKG mengungkapkan bahwa gempa ini termasuk gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di dasar laut. Kedalaman yang relatif dangkal menyebabkan getaran terasa hingga beberapa wilayah.

Dampak Gempa  

Berdasarkan peta guncangan (Shakemap) dari BMKG dan laporan masyarakat, gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah seperti Muarabinuangeun, Ujung Genteng, Pelabuhan Ratu, dan Surade dengan intensitas III MMI. 

"Pada skala ini, getaran dirasakan nyata di dalam rumah, dan terasa seolah-olah ada truk besar yang lewat. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan yang disebabkan oleh gempa tersebut," papar keterangan tertulis Daryono Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Selasa (17/9/24).

Potensi Gempa Susulan

BMKG melaporkan bahwa hingga pukul 05:25 WIB, belum ada aktivitas gempa susulan yang terdeteksi.

Daryono mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti informasi resmi dari BMKG.