bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ngaku Rektor, Penipu Minta Pulsa ke Mahasiswa

Arief Djoko Lelono - Nasional -> Peristiwa
Senin, 16 September 2024 17:21
    Bagikan  
Tangkapan Layar WhatsApp korban
Sumber WhatsApp Korban

Tangkapan Layar WhatsApp korban - Tangkapan layar percakapan WA Pelaku dengan korban.

SALATIGA, HELOINDONESIA.COM - Penipuan melalui aplikasi WhatsApp menimpa sejumlah mahasiswa baru di Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Modus yang digunakan penipu adalah meminta sejumlah pulsa dengan berpura-pura mengaku sebagai rektor di universitas tersebut.

Salah satu korban, Aulia Restu, mahasiswi baru diperguruan tinggi tersebut, menceritakan bahwa pelaku menghubungi korban dengan nomor WhatsApp 0895325913280, menggunakan foto profil yang menampilkan sosok rektor tempatnya dia kuliah.

Pelaku kemudian meminta korban agar mengirimkan pulsa sebesar Rp 200 ribu ke nomor 087787957915, dengan alasan sedang dalam perjalanan keluar kota untuk melayat karena keluarganya ada yang meninggal dunia.

Baca juga: Jenazah Pria Ditemukan Tewas Tenggelam di Situ Gintung Ciputat

"Pelaku mengirim pesan dan mengaku sebagai rektor. Modusnya meminta pulsa karena sedang dalam perjalanan melayat. Banyak teman saya yang terkena tipu dengan nominal mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu," kata Aulia kepada sejumlah media, Senin (16/9/2024).

Menurutnya, penipuan ini telah memakan banyak korban di kalangan mahasiswa, yang merasa tertipu karena mempercayai pesan dari pelaku.

"Temanku banyak yang ketipu sama pelaku yang mengaku-ngaku sebagai rektor itu dan ujung-ujungnya meminta pulsa," tambah Aulia.

Baca juga: Inilah 6 Kode Redeem FF hari ini, Senin 16 September 2024

Beruntung pihak rektorat cepat memberikan respons terkait masalah tersebut. Sehingga tidak ada korban lagi.

"Seluruh mahasiswa baru, kami berikan informasi bahwa itu penipuan," kata salah satu dosen yang enggan disebutkan namanya. (Arief Djoko).