bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Wamentan dapat Aduan Kelangkaan Pupuk di Kendal, Begini Solusi yang Ditawarkan

Minggu, 15 September 2024 19:10
    Bagikan  
Wamentan dapat Aduan Kelangkaan Pupuk di Kendal, Begini Solusi yang Ditawarkan

BINCANG: Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Sudaryono saat berbincang dengan para petani usai sarasehan bersama petani tembakau di Kabupaten Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM -Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Sudaryono siap mencarikan solusi terhadap persoalan-persoalan yang dihadapai para petani di Kabupaten Kendal. Hal ini disampaikan saat menghadiri sarasehan bersama petani tembakau, di Desa Sudipayung, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal, Minggu (15/9/2024).

Kedatangan Sudaryono di tengah-tengah area persawahan yang ada di Desa Sudipayung tersebut,  untuk bertemu secara langsung dengan para petani dan memastikan kondisi yang dialami petani.

"Itulah gunanya kita turun ke lapangan, kita cek kita pastikan semua baik. Nah ternyata ada masalah ya kita cek kita harus pastikan itu. Kalau tidak, kita hanya terima laporan baik, sementara di bawah pada susah, pada menderita, tidak bisa panen, tidak bisa memupuk kan kasihan," ujar Mas Dar sapaan akrabnya.

Berbagai wadulan (aduan) dari petani yang ditampung Sudaryono, di antaranya terkait kelangkaan pupuk, saluran irigasi hingga akses jalan pertanian. "Solusinya kita carikan solusi. Masalah pupuk secara kebijakan nasional kan sudah baik, kuotanya sudah nambah. Tapi kok tidak sampai itu yang menjadi persoalan. Harusnya sampai, nah ini kita cari masalahnya dimana, apa di pabriknya, apa distributornya, apa di pengecernya apa di petaninya sendiri," terangnya.

Persoalan

Ia meminta para petani di Kabupaten Kendal tidak segan-segan menyampaikan persoalan yang dihadapai melalui perangkat desa, pemerintahan maupun DPC Partai Gerindra agar bisa segera tertangani.

Yang penting informasinya sampai ke kita, mau lewat Gerindra boleh, kepala desa boleh, lewat bupati boleh, yang penting keluhannya sampai ke kita. Nanti kita bantu semua. Jangan sampai lapor-lapor tapi nggak sampai ke kita. Orang sudah teriak-teriak di bawah, tapi karena laporannya mungkin lewat sana, lewat sini tidak sampai," pesan Mas Dar.

Kehadiran Wamentan RI sekaligus politikus Partai Gerindra ini juga untuk memberikan dukungan kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Mirna Annisa dan Urike Hidayat atau Mirna - Riki agar bisa menjadi pemenang dalam Pilkada Kendal 2024.

Sarasehan

"Mbak Mirna harus menang, Mbak Mirna itu orangnya Pak Prabowo. Paling enak milih Mbak Mirna," tandasnya.

Selain dihadiri Wamentan RI, Sudaryono, paslon Mirna - Riki, sarasehan bersama petani tembakau juga dihadiri Ketua DPC Partai Gerindra Kendal, Mifta Reza NP, ketua partai koalisi pengusung dan pendukung Mirna Riki, jajaran petinggi Partai Gerindra Kendal dan ratusan petani Desa Sudipayung.

Mirna Annisa menyatakan, apa yang menjadi persoalan dan aspirasi petani ini akan menjadi hal utama dalam visi misi Mirna - Riki sebagai calon Bupati dan wakil Bupati Kendal.

"Kalau masalah pupuk bukan hal sulit, jumlah nya sudah melimpah, tapi mungkin sistem distribusinya yang harus diperbaiki. Kalau jalan tahun 2016 tidak ada yang kita persulit mudah-mudahan bisa kita teruskan karena ini jadi akses penting bagi petani," ujar Mirna.(Anik).