bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kejari dan Pemkab Tubaba Lakukan Penandatanganan Kerja Sama

2 jam 37 menit lalu
    Bagikan  
Kejari dan Pemkab Tubaba Lakukan Penandatanganan Kerja Sama

Pemkab dan Kejari foto bersama (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung, melakukan penandatanganan kerja sama terkait rencana kerja pendampingan hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Tubaba, yang dihadiri secara langsung oleh Kepala Kejari (Kajari) Kabupaten Tubaba M.Iqbal didampingi jajaran Kasi Datun dan Kasi Intelijen, Pj.Bupati, Pj.Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, dan para Kepala OPD terkait, Rabu (11/09/2024).

Kajari Tubaba M.Iqbal, menjelaskan bahwa penandatanganan rencana kerja tersebut merupakan kelanjutan dari Nota Kesepakatan (MoU) dan rencana kerja sebelumnya yang telah berakhir antara Kejari Tubaba dengan Pemkab Tubaba.

“Kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus mendukung dan bersinergi dengan Pemkab setempat dengan memberikan pendampingan hukum,” ujar M.Iqbal, didampingi Kasi Datun Adiarebi dan Kasi Intelijen Dodi Ariansyah kepada media.

Menurutnya, pendampingan bermaksud dan bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkup Pemkab Tubaba, guna menjaga kepentingan hukum pemerintah daerah baik dalam menghadapi permasalahan hukum, memberikan pertimbangan hukum, maupun melakukan tindakan hukum lainnya yang dibutuhkan serta untuk meningkatkan efektivitas penanganan dan/atau penyelesaian masalah hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik didalam maupun diluar pengadilan.

“Pada prinsipnya kami siap membantu pemerintah daerah dalam menangani masalah hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik secara litigasi maupun non litigasi melalui sarana bantuan hukum, pertimbangan hukum ataupun tindakan hukum lain sesuai kebutuhan yang diperlukan dengan memegang teguh prinsip kerahasiaan klien, kualitas layanan dan integritas,” jelasnya.

Sementara itu, Pj.Bupati Tubaba M.Firsada, mengatakan bahwa kolaborasi antara Kejari dan pemerintah daerah melalui jajaran OPD menjadi kunci dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, akuntabel, serta transparan.

Firsada juga mengingatkan pentingnya peran Kejaksaan sebagai pengacara negara dalam menjalankan fungsi pendampingan dan pengawasan harus di imbangi dengan komitmen dan dedikasi dari seluruh OPD, untuk senantiasa menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme.

“Rencana kerja yang akan kita tandatangani hari ini merupakan langkah konkret guna mengoptimalkan kerja sama dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan pembangunan daerah. Saya berharap, kerjasama ini tidak hanya sebatas diatas kertas, tetapi juga diimplementasikan secara nyata dalam setiap kegiatan dan program yang kita laksanakan utamanya dalam hal pencegahan pelanggaran hukum,” pungkasnya. (Rohman)