bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tuhu Bangun: PTPN Wajib Menjaga Asetnya Lewat Langkah Persuasif

3 jam 28 menit lalu
    Bagikan  
Tuhu Bangun: PTPN Wajib Menjaga Asetnya Lewat Langkah Persuasif

PTPN 1 Regional 7 ketika kolaborasi dengan media (Foto Annisa/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - -- Regional Head PTPN 1 Regoinal 7 Tuhu Bangun mengingatkan kembali bahwa perusahaannya wajib menjaga aset perkebunan dari gangguan pihak lain karena bagian tanggung jawab kepada pemegang saham.

Selain itu, katanya, BUMN perkebunan memiliki Tri Darma Perkebunan kepada negara berupa lapangan kerja, lokomotif perekonomian kerakyatan, dan keuntungan buat penambahan devisa negara.

Tuhu Bangun mengingatkan hal itu pada acara Media Gathering Sinergi, Kolaborasi Mendukung Corporate Sustainability di Novotel, Kota Bandarlampung, Rabu (11/9/2024).

Dijelaskannya, pada dasarnya, aset-aset perkebunan seluruh Indonesia, khususnya PTPN I Regional 7 terjadi nasionalisasi pada masa peralihan dari Belanda kepada Indonesia pada tahun 1958.

BUMN Perkebunan memperoleh pengembangan aset yang terdapat ke seluruh pelosok Indonesia dengan memiliki alas hak yang sah dan tetap sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Namun, untuk menjaga keberlangsungan dan pertanggungjawaban seluruh nilai-nilai aset yang ada kepada negara, perusahaan BUMN berkomitmen melakukan langkah persuasif melalui musyawarah dan mediasi.

Upaya hukum pengadilan sesuai ketentuan yang berlaku bilamana terdapat gangguan yang bersifat keamanan, pendudukan lahan atau Upaya pihak-pihak lain untuk menguasai asset Perusahaan secara melanggar hukum.

Upaya ini diharapkan memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama dan bertanggungjawab menjaga keberlangsungan perusahaan.

Dalam mengupayakan keberlangsungan bisnis agar dapat terus berkontribusi bagi pembangunan ekonomi Lampung, PTPN I Regional 7 menyalurkan program corporate social responsibility (CSR), tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Lainnya, bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah, lembaga kejaksaan, TNI/POLRI, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Serikat Pekerja Perkebunan dan tentu saja dengan media sebagai stakeholder perusahaan.

Sehingga dengan kebersamaan sinergi dan kolaborasi bersama seluruh stakeholder mampu meningkatkan keberminatan kepada semua unsur investor dan atau sumber pendanaan lainnya dalam mengembangkan usaha potensial di PTPN I Regional 7.

Media Gathering hari ini, salah satu langkah untuk terus menjaga silaturahmi, meningkatkan sinergi dan kolaborasi PTPN I Regional 7 dengan media yang selama ini sesungguhnya telah terjalin dengan baik dan banyak hal kebijakan strategis yang dilakukan oleh perusahaan rekan-rekan media memberikan andil dan atau kontribusi secara maksimal.

Oleh karenanya atas, PTPN I Regional 7 mengucapkan terima kasih, memberikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan media yang telah mendukung keberlangsungan usaha PTPN I Regional 7.(Prapthy)