bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

TNI AL Merupakan Penjaga Kedaulatan RI di Lautan

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Peristiwa
2 jam 6 menit lalu
    Bagikan  
HUT TNI AL ke-79
Ist.

HUT TNI AL ke-79 - TNI AL adalah penjaga garda terdepan dalam melindungi kedaulatan RI di lautan.

HELOINDONESIA.COM - Tentara Nasional Indonesia matra Angkata Laut (TNI AL) telah teruji sebagai garda terdepan menjaga kedaulatan lautan di Tanah Air.

"Dari masa ke masa mulai dari perjuangan fisik hingga bentuk-bentuk ancaman siber, dinamika geopolitik, pandemi, TNI AL telah menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia," kata Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang disampaikan melalui tayangan video YouTube, yang dipantau dari Jakarta pada Selasa (10/9/2024).

Dia mengatakan, TNI AL merupakan kekuatan tidak tergantikan dalam menjaga perdamaian wilayah perairan. Hal itu disampaikan Wapres berkaitan dengan HUT Ke-79 TNI AL  pada 10 September 2024.

"Melalui dedikasi dan pengabdian luar biasa, TNI AL merupakan kekuatan tidak tergantikan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas wilayah perairan nusantara," ujar Wapres.

Baca juga: Dapat E-tilang Karena Bonceng Poncong Tanpa Helm, Ada Bayangan Hitam dan Putih

Wapres mengucapkan selamat hari jadi ke-79 bagi TNI AL. Menurutnya, sebagai negara maritim kedaulatan dan keamanan laut Indonesia merupakan sebuah keniscayaan.

"Dari masa ke masa mulai dari perjuangan fisik hingga bentuk-bentuk ancaman siber, dinamika geopolitik, pandemi, TNI AL telah menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia," tuturnya.

Dia meyakini, memasuki usia matang saat ini TNI AL akan semakin kuat dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Ia mengatakan transformasi teknologi, pengembangan sumber daya manusia serta peningkatan kesiapan operasional menjadi elemen penting yang harus diprioritaskan.

Baca juga: Jadi Korban Peraturan KPU, 19 Anggota Legislatif Mundur Guna Berlaga di Pilkada 2024

"Hal tersebut yang akan menjadikan kekuatan maritim Indonesia menjadi kekuatan yang disegani baik di kawasan regional maupun internasional. Selamat HUT Ke-79 TNI AL, semoga semakin solid, profesional dan selalu berada di garis depan dalam melindungi laut Indonesia. Jalesveva Jayamahe," ucapnya.