bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

DPRD Kendal Tunda Pengumuman dan Penetapan Susunan Pimpinan Dewan

2 jam 40 menit lalu
    Bagikan  
DPRD Kendal Tunda Pengumuman dan Penetapan Susunan Pimpinan Dewan

Agenda rapat paripurna DPRD Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - DPRD Kabupaten Kendal terpaksa menunda pengumuman dan penetapan susunan calon pimpinan DPRD Kabupaten Kendal masa keanggotaan Tahun 2024 - 2029 pada rapat paripurna DPRD Kendal, Senin 9 September 2024.

Hal ini lantaran empat partai politik yang menjadi pemenang dalam Pemilihan Legislatif Februari 2024 belum mengirimkan menyerahkan usulan nama yang akan menduduki Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kendal.

Baca juga: Lolos ke Final usai Tekuk Jabar, Tim Hoki Putri Jateng Berpeluang Raih Emas PON

Ketua Sementara, Muhammad Makmun saat memimpin rapat paripurna DPRD Kendal menyampaikan, empat parpol yang memperoleh suara terbanyak, yakni PKB, Partai Golkar, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra belum menyampaikan usulan nama yang akan menduduki ketua dan wakil ketua. Padahal pihak Sekretaris Dewan telah mengirimkan surat kepada parpol yang berhak.

"Berhubung empat parpol yang memperoleh suara terbanyak belum mengirimkan atau menyerahkan usulan nama yang akan menduduki ketua dan wakil ketua, maka pengumuman dan penetapan calon pimpinan DPRD Kabupaten Kendal ditunda," ungkapnya.

Empat Parpol

Dirinya menyatakan, DPRD Kendal bakal menetapkan ketua dan wakil ketua jika semua berkas dari empat parpol sudah dinyatakan lengkap.

"Sifatnya dari empat DPP baik PKB, PDIP, Golkar dan Gerindra itu harus bersama-sama. Dan setelah semua terkumpul baru bisa kita tetapkan, kemudian kita ajukan ke Gubenur Jawa Tengah untuk mendapatkan persetujuan. Kita prinsipnya empat ini harus kita proses bareng-bareng," terang Makmun.

Baca juga: Atletnya Ditendang di Selangkangan dan Dinyatakan Kalah, Tim Muaythai Jateng Protes ke Dewan Juri

Anggota DPRD dari Partai Golkar, Bagus Bimo Alit mengatakan, dari Partai Golkar telah mengeluarkan rekomendasi nama yang akan menduduki wakil ketua dewan pada pagi ini.

"Rencananya siang ini sudah masuk di Setwan DPRD Kendal. Dari DPP Golkar rekomendasinya turun menunjuk saya. Tapi tehnisnya kan harus menindaklanjuti di DPD Kabupaten," kata Bimo.

Sementara, Anggota DPRD Kendal dari Partai Gerindra Kabupaten Kendal, Anurrochim dalam interupsinya meminta ketua dewan untuk melakukan koordinasi bersama Setwan dan parpol yang belum memasukkan nama-nama usulan pimpinan dewan.(Anik)