bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kunjungan ke Lambar, Pj. Gubernur Samsudin Tekankan Netralitas ASN dalam Pilkada

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 30 Agustus 2024 12:02
    Bagikan  
Kunjungan ke Lambar, Pj. Gubernur Samsudin Tekankan Netralitas ASN dalam Pilkada

Foto: ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Pj. Gubernur Lampung Samsudin didampingi Pj. Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Maidawati Retnoningsih dan sejumlah Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Lampung Barat, Jum’at (30/8/2024).

Pada kesempatan pertama, Pj. Gubernur Samsudin melaksanakan Briefing terkait Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat di Gedung Lamban Pancasila Liwa.

“Bahagia sekali hadir di Lampung Barat ini yang keduakalinya, ini adalah kunjungan terlengkap, Presiden berkunjung, Gubernur juga berkunjung, ” ungkap Pj. Gubernur mengawali sambutannya.

Terkait dengan Pemilukada Serentak Tahun 2024 yang tahapanya sedang berlangsung, Pj. Gubernur menekankan pentingnya netralitas ASN sebagai salah satu faktor penentu dalam menjaga kualitas dan integritas proses demokrasi

“Saya ingin menekankan bahwa netralitas ASN bukan sekadar aturan formalitas, tetapi merupakan komitmen moral dan profesional yang harus dijaga oleh setiap ASN, ” tegas Pj Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur juga menegaskan bahwa netralitas ASN bukan hanya kewajiban hukum, tetapi juga merupakan tanggung jawab moral sebagai abdi negara.

“Bawaslu tolong awasi sampai tingkat penggunaan media sosial,” tegas Pj Gubernur.

Dalam arahannya, Pj. Gubernur berpesan agar ASN harus berdiri di atas semua kepentingan politik dan tetap fokus pada pelayanan kepada masyarakat. Integritas sebagai ASN akan menjadi cerminan dari kematangan demokrasi yang sedang dijalankan.

“Sebagai Penjabat Gubernur, saya memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa ASN yang saya pimpin tidak terlibat dalam politik praktis dan tetap memegang teguh prinsip netralitas, ” ungkapnya.

Pj. Gubernur mengatakan bahwa pada pemilihan Presiden yang lalu tercatat 63 pelanggaran yang terjadi di Provinsi Lampung, artinya ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pilpres yang lalu di Provinsi Lampung berlangsung sangat kondusif, sangat aman dan tentunya harus dijaga pada pilkada serentak ini.

Pj .Gubernur yakin jika ASN, KPU dan Bawaslu netral dan profesional maka Pemilukada Serentak dapat dijaga kondusifitas dan keamanannya.

” Mari kita sama-sama sukseskan Pilkada serentak dengan damai, aman dan semua ASN profesional dan tidak boleh berpihak kepada salah satu paslon (Pasangan Calon) siapapun itu, sehingga menyebabkan terjadi kondisi yang tidak kondusif untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Lampung Barat ini,” pungkasnya.

Sementara itu Pj. Bupati Lampung Barat Nukman sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Lampung terhadap perkembangan pembangunan di Lampung Barat.

Nukman menjelaskan bahwa dukungan tersebut sangat berpengaruh dengan pembangunan di Lampung Barat dan berdampak terhadap capaian kinerja daerah Kabupaten Lampung Barat yaitu : peningkatan pertumbuhan ekonomi, kestabilan angka inflasi daerah, penurunan angka kemiskinan, rasio gini, IPM, penanganan stunting, tingkat pengangguran bahkan terhadap peningkatan produktivitas kopi.

Kegiatan nuga dimeriahkan dengan penampilan kesenian tradisional cetik yang dibawakan oleh ibu-ibu pengurus PKK Kabupaten Lampung Barat. (Diskominfotik)