bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

KBRI Yangon Berkoordinasi dengan Otoritas Myanmar, Selamatkan Para WNI di Myawaddy

15 jam 56 menit lalu
    Bagikan  
Kemenlu-
Ist

Kemenlu- - Sejak tahun 2020 hingga Maret 2024, Kemlu dan Perwakilan RI telah menangani 3.703 WNI yg terlibat online scam.

HELOINDONESIA.COM - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah memonitor beredarnya dua video yang diduga para WNI yang mengaku disekap dan disiksa di Myawaddy, Myanmar.  

Kemlu segera berkoordinasi dengan KBRI Yangon. Diduga kuat para WNI tersebut berada di Hpa Lu, wilayah terpencil di Myawaddy, Myanmar. Wilayah tersebut adalah lokasi konflik bersenjata dan saat ini dikuasai pihak pemberontak.

Selanjutnya, ​KBRI Yangon telah menindaklanjuti dengan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan otoritas Myanmar. KBRI juga telah melakukan komunikasi informal ke jejaring yang berada di Myawaddy.

Baca juga: Ini Identitas 3 Pelaku Penyiraman Air Keras di Pondok Aren Terhadap Anak Wartawan Heloindonesia, 10 Tim Hore

Sejak tahun 2020 hingga Maret 2024, Kemlu dan Perwakilan RI telah menangani 3.703 WNI yg terlibat online scam. Khusus di Myanmar, selama tahun 2024, terdapat 107 pengaduan dimana 44 WNI telah berhasil pulang ke Indonesia.

Kemlu senantiasa mengimbau agar para WNI berhati-hati dan waspada atas tawaran kerja di luar negeri namun tidak dilengkapi visa kerja resmi dan tidak menandatangani kontrak sebelum berangkat.

Baca juga: Beri Selamat ke Daud Yordan, Ketua DPD RI Harap Semangat dan Keberaniannya Dibawa ke DPD RI

Diimbau para WNI meminta informasi dan prosedur resmi bekerja ke luar negeri melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), BP2MI atau Dinas Tenaga Kerja​ setempat.

Sumber: KBRI Yangon, Minggu (8/9/2024).