bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

USM Raih Sertifikat ISO 9001 dan 37001, Jadi Gerbang Menuju Universitas Unggul

Sabtu, 7 September 2024 07:29
    Bagikan  
USM Raih Sertifikat ISO 9001 dan 37001, Jadi Gerbang Menuju Universitas Unggul

Rektor USM Supari saat memperlihatkan sertifikat ISO yang diterima USM di ruang sidang rektorat

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Univeristas Semarang (USM) memperoleh sertifikat SNI ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, dan ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti-Suap yang diserahkan PT Evodia Global Sertifikasi (EGS) selaku lembaga sertifikasi sistem manajemen yang diakui oleh Komite Akreditasi Nasional.

Sertifikasi SNI ISO diterima Rektor USM, Dr Supari ST MT, pada Jumat 6 September 2024 di Ruang Sidang Rektorat USM.

Baca juga: PON 2024, Langkah Tim Sepakbola Jateng Kian Berat Usai Ditumbangkan Sumut

Dalam penyerahan sertifikat tersebut dihadiri Sekretaris Universitas Dr Abdul Karim, SE MSi Ak CA, Wakil Rektor III Dr Muhammad Junaidi SHI MH, Kepala Satuan Humas Kerja Sama dan Hukum Dr Wyati Saddewisasi SE MSi dan Perwakilan dari PT EGS MRA Puspitasari MPsi dan Fajar Sukoco SE MM.

Dalam sambutannya, Rektor USM Dr Supari ST MT mengatakan, ISO ini merupakan komitmen USM untuk manajemen mutu dan mencegah penggelapan indikasi korupsi.

''Sehingga USM menjadi institusi yang bersih dan terbebas dari korupsi karena itu adalah capaian yang perlu kami banggakan,'' ungkapnya.

Rektor berharap, tahun depan bisa melebar ke ISO yang lain sehingga institusi bermutu baik eksternal maupun internal. Rektor juga berharap sertifikasi bukan hanya tertera tapi terasa, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lini universitas, pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa.

''Tak hanya terjuklak, tapi terimplementasi. Tahun depan akan kita pertahankan, sehingga membuka peluang untuk melebar. InsyaAllah tahun depan ditambah dengan sistem keamanan data informasi. Adanya sertifikasi ini harapannya bisa jadi gerbang menuju universitas unggul dan diakui secara internasional,'' kata Supari kepada media.

Layak

Perwakilan dari PT Evodia Global Sertifikasi (EGS) MRA Puspitasari MPsi mengungkapkan, USM layak mendapat sertifikat ISO, karena lolos audit secara eksternal.

''USM telah membuktikan mampu menyusun dokumen secara baik ya, dan mengimplementasikan serta lolos audit secara eksternal,'' jelasnya.

Baca juga: Paulus Surya Orchestra, Putri Ayu dan Congrock 17 Megahkan Pembukaan Festival Kota Lama 2024

Puspitasari berharap, USM berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan pada sistem manajemen yang telah dibangun.

''Kami berharap, sertifikat ini tidak hanya berhenti di sini, tapi juga butuh komitmen yang tinggi dari semua level. Ke depan, harus selalu melakukan perbaikan agar sistem yang berjalan tetap bisa mengikuti lajunya organisasi,'' ungkapnya. (Aji)