bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

36 Perusahaan Ramaikan USM Job Fair 2024

4 jam 10 menit lalu
    Bagikan  
36 Perusahaan Ramaikan USM Job Fair 2024

Suasana USM Job Fair yang diikuti puluhan perusahaan

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Universitas Semarang (USM) Career and Alumni Center Universitas Semarang (UCAC USM) menyelenggarakan USM Job Fair 2024 yang diramaikan 36 perusahaan di Auditorium Ir Widjatmoko USM pada 4-5 September 2024.

Ketua Panitia, Guruh Mulia Widayat mengatakan, berdasarkan dari data link pendaftaran USM Job Fair 2024 yang terhitung sampai pada Selasa 3 September 2024 pukul 14.00 WIB, terdapat 796 peserta yang telah mendaftar.

''Kemungkinan angka tersebut bertambah lagi. Hampir 50 persen peserta adalah alumni USM. Dalam kepengurusan UCAC, banyak bapak ibu dosen kebetulan mengabdi di fakultas atau universitas lain, dan kami memanfaatkan jejaring tersebut untuk bisa join di kegiatan ini. Kami melakukan sosialisasi dan pengumuman di media sosial. Kami membuka kesempatan semuanya bagi yang mau join, dan kami tidak memungut biaya apa pun,'' kata Guruh, dalam keterangannya Kamis 5 September 2024.

Baca juga: Tim Barongsai Jateng Caplok Perak di PON, Manajer Tim: Kami Tertinggal Satu Detik

Lebih lanjut, Guruh juga membagikan tips dan trik untuk melamar dalam kegiatan job fair di antaranya mengenali diri sendiri, misalnya dengan mengenal melalui prodi dan keahlian yang dimiliki.

Selain itu pelamar harus memilih dan memilah perusahaan sesuai dengan passion yang dimiliki.

''Saya berpesan apabila sudah bekerja hendaklah berkreasi, tentu saja berkreasi dengan kinerja yang baik untuk menunjang karier temen-temennya,'' lanjutnya.

Dia berharap, ke depan USM Job Fair dapat diselenggarakan setahun sekali dan lebih banyak perusahaan yang dapat ikut tergabung.

''Kami berharap, peserta mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Bukan hanya soal IPK tapi juga networking, speaking, serta sikap dan atitude anda. Sebagai pencari kerja, kita siapkan sematang mungkin, karena dunia industri dan dunia usaha hanya mau akan memakai human-human yang siap dipakai,'' ujarnya.

Terserap

Sementara itu, Ketua UCAC, Dr Dedy Suwandi SH MH menambahkan, bersamaan USM Job Fair, pihaknya juga mengadakan company gathering dengan beberapa perusahaan.

''Untuk tanggal 5 September 2024, kami mengadakan company gathering dengan beberapa perusahaan. Pada kesempatan itu, kami akan lakukan penandatanganan perjanjian kerja sama,'' tambahnya.

Baca juga: Puan Optimistis Mbak Agustin-Mas Iswar Menangi Pilwalkot Semarang

Dedy berharap, melalui kegiatan tersebut para alumni dapat terserap dalam dunia kerja.

Selain itu, mereka dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

''Di tahun ini, wisuda diadakan sebanyak 4 kali, dan sampai saat ini sudah 3 kali diselenggarakan. Kami tim UCAC mengadakan job fair supaya para alumni langsung mendapatkan pekerjaaan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan daripada USM menjadi jembatan masa depan anda”, ujar Dedy.

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH berharap, para alumni USM tidak terus-terusan menjadi job seeker, namun juga menjadi job creator.

''Semoga ke depan akan terus berlanjut, dan jangan lupa setelah mencari pekerjaan jangan terus-terusan menjadi job seeker tapi jadilah job creator. Itu adalah prinsip yang ada di UCAC,'' tegas Junaidi. (Aji)