bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ketua PR Transportasi BRIN Siap Fasilitasi Rektor USM Bertemu PR Bidang Energi

3 jam 38 menit lalu
    Bagikan  
Ketua PR Transportasi BRIN Siap Fasilitasi Rektor USM  Bertemu PR Bidang Energi

Rektor USM Supari bersama tim saat bertemu delegasi PR Transportasi BRIN

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Rektor USM Dr Supari ST MT berupaya mewujudkan impian besarnya, yakni net zero emission (NZE) pada sistem transportasi laut.

''Jika pemerintah saat ini gencar mengimplementasikan konsep NZE di darat, dengan mobil, motor listrik, gedung dengan solar cell, mengapa tidak di laut?,'' kata Supari di depan delegasi Pusat Riset (PR) Transportasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di ruang kerjanya, Selasa 3 September 2024.

Baca juga: Audiensi BRIDA Sultra, Kepala BSKDN Dorong Inovasi dengan Pendekatan Aglomerasi

Ditegaskan dia, untuk transportasi laut saat ini masih mengandalkan kapal-kapal besar yang mengandalkan pasokan energi dari bahan fosil, seperti minyak bumi dan batubara.
Sehingga emisi pembakaran keluar dari cerobong, dan emisinya menuju ke darat. Demikian pula kapal-kapal nelayan masih menggunakan bahan bakar fosil.

''Mengapa tidak memulai menggantiannya dengan sumber energi dari dari baterei? Saya ingin pertemuan dengan BRIN yang membidangi energi terbarukan,'' ujarnya.

Rektor mengatakan, USM telah melaksanakan konsep NZE skala kecil, dengan membuat dua buah perahu listrik ukuran kecil untuk wisata di Demak.

Untuk proyek tersebut melibatkan sepuluh mahasisawa. Perahu Listrik tersebut, memanfaatkan energi dari baterei.

''Hal ini untuk menjawab kebutuhan Masyarakat sesuai perkembangan teknologi,'' ungkapnya.

Menurutnya, yang menjadi masalah saat ini adalah baterei. Sebab, baterei yang kapasitas besar, hampir semua impor. Industri bateri dalam negeri masih kalah saing dalam teknologi baterei.

Apresiasi

Dalam pertemuan tersebut Rektor didampingi Ketua LPPM Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani, MT, Kabid Penelitian Dr R Rohadi MP dan beberapa dosen yang terlibat penelitian bidang transportasi dengan BRIN antara lain Dr Ari Endang Jayanti ST MSi dan Elfira Nureza Ardina, ST MTr.

Sementara Ketua PR Transportasi, Dr Aam Muharam yang didampingi empat personel peneliti BRIN mengapresiasi usaha-usaha rektor USM dengan menggiatkan pusat-pusat riset yang ada di USM, khususnya terakit dengan energi terbarukan.

Dia berjanji untuk berkoordinasi dan memfasilitasi dengan bidang lain di BRIN yang fokus pada masalah energi.

''Di BRIN ada kok riset kapal Listrik. Saya coba koordinasi dengan tim lain,'' jelasnya.

Pada pertemuan sebelumnya, di ruang sidang LPPM, telah dipaparkan kemajuan riset ''Bus Priority'' dan rencana riset selanjutnya terkait dengan sistem perparkiran di Kota Semarang. (Aji)