bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Indonesia-Singapura Gelar Latihan Militer Bersama, Guna Memperkuat Kedaulatan Negara

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Peristiwa
2 jam 54 menit lalu
    Bagikan  
Safkar Indopura ke-36
Ist.

Safkar Indopura ke-36 - Indonesia dan Singapura melakukan latihan gabungan militer bersama selama tiga hari.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Menjalin hubungan baik bertetangga terus dilakukan Pemerintah. Setelah melakukan latihan gabungan Indonesia-Amerika Serikat. Kini, TNI menggelar latihan militer bersama negara Singapura.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan Latihan Bersama Safkar Indopura Ke-36 Tahun 2024 merupakan ajang perkuat hubungan bilateral Indonesia dengan Singapura.

"Latihan ini bukan hanya memperkuat hubungan bilateral yang telah terjalin selama 36 tahun, tetapi juga meningkatkan kesiapan dan kemampuan operasional kedua angkatan bersenjata," kata Maruli dalam siaran pers resmi TNI AD di Jakarta, pada Selasa (3/9/2024).

Menurut Maruli, kerja sama militer ini merupakan bagian dari upaya TNI (Tentara Nasional Indonesia) untuk memperkuat kekuatan militer dengan negara lain.

Baca juga: Gabungan Polri dan TNI Amankan Kunjungan Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Dengan kerja sama ini, Maruli yakin Indonesia dan Singapura akan memiliki kekuatan militer yang kuat sehingga dapat saling menjaga kedaulatan negara masing-masing.

Maruli melanjutkan latihan bersama ini akan dilaksanakan di Salatiga dan Gunung Merbabu selama 12 hari terhitung sejak Senin (2/9).

Dalam latihan tersebut, para personel TNI AD dan AD Singapura akan menjalani berbagai materi kegiatan, seperti professional exchange, live firing exercise, command post exercise, danfield training exercise.

"Semua kegiatan tersebut dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kerja sama satuan, serta kesiapsiagaan dalam menghadapi tantangan bersama di masa depan," ujar KSAD.

Baca juga: Kementerian PANRB Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Zona Integritas 2024



Maruli juga menekankan, pentingnya memperhatikan faktor keamanan selama latihan berlangsung serta menjunjung tinggi rasa saling menghormati antara kedua angkatan.

Senada dengan Maruli, Major General David Neo Chin Wee dari AD Singapura mengungkapkan bahwa Latma Safkar Indopura adalah kesempatan berharga untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman serta melatih kemampuan kerja sama dalam situasi yang kompleks.

"Latihan ini merupakan platform yang sangat baik bagi kedua angkatan bersenjata untuk berlatih bersama dan memperkuat hubungan kita," kata David Neo dalam siaran pers yang sama.