bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Gabungan Polri dan TNI Amankan Kunjungan Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Peristiwa
2 jam 45 menit lalu
    Bagikan  
Pengamanan Paus Fransiskus
heloindonesia

Pengamanan Paus Fransiskus - Polri dan TNI melakukan penjagaan kedatangan Paus Fransiskus selama berada di Tanah Air.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Kedatangan Paus Fransiskus hari ini (3/9/2024) menggembirakan masyarakat Indonesia, terutama penganut Katolik.

"Menjamin kedatangan Paus Fransiskus, gabungan Polri dan TNI mengamankan kedatangan  orang nomor satu ini sejak menginjakkan kaki di Bandara Soetta" kata Kapolresta Bandara Soetta Kombes Roberto Pasaribu kepada wartawan. 

Dia katakan, Polresta Soetta menerjunkan ratusan personel gabungan untuk pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan kedatangan delegasi International Sustainability Forum (ISF).

Pengamanan tersebut diawali dengan apel gelar pasukan kesiapan Operasi Tribrata Jaya Tahun 2024. Diikuti oleh personel gabungan TNI-Polri dan stakeholder di Mapolresta Bandara Soetta, Tangerang, Banten, sejak Senin (2/9) petang.

Baca juga: Daripada Eri-Armuji, Pilih Coblos Kotak Kosong, Berikut Ini Alasan Aliansi Surabaya Maju

"Kami selaku Kasubsatgas Pengamanan Bandara dalam Operasi Tribrata-Jaya 2024 ini, menerjunkan 700 personel gabungan dari unsur TNI-Polri, AVSEC dan stakeholder Kementerian/Lembaga yang bertugas di pelayanan Bandara Soetta," ujar Roberto.

Kapolresta menjelaskan, pelaksanaan pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan delegasi ISF dibagi menjadi tiga ring pengamanan. Pertama diisi oleh Paspampres, ring dua diisi oleh TNI, serta ring tiga oleh pihak kepolisian serta Avsec AP II Bandara Soetta.

"Kami berperan melakukan pengamanan saat kedatangan Paus Fransiskus," ucapnya.

Dia katakan, pengamanan saat kedatangan  termasuk nantinya keberangkatan seluruh rombongan dalam 2 kegiatan kenegaraan tersebut di Bandara Soetta.

Baca juga: Didampingi Raditya Dika, Anissa Aziza Senang bisa Bertemu Ji Chang Wook

Dalam apel gabungan itu, Roberto didampingi Dandim Tangerang Letkol Inf Ary Sutrisno dan Plt. Kepala Otoritas Bandara Wil 1 Kelas Utama Soekarno-Hatta Aven Sena.

Roberto menambahkan, pada operasi terpusat dengan sandi Tribrata Jaya 2024 tersebut pihaknya menggelar Tactical Floor Game (TFG).

Hal tersebut, menurut Roberto, bertujuan untuk memberikan masukan kepada satuan fungsi, sehingga dapat mempermudah dalam koordinasi dan konsolidasi terkait pengamanan kedatangan Paus Fransiskus dan ISF khusus pengamanan Bandara Soetta.

Menurut Roberto, seusai apel gelar pasukan pihaknya bersama stakeholder menggelar kegiatan preventif berupa patroli gabungan di area Terminal 1, 2 dan 3, serta terminal kargo.

Baca juga: DLH Balam Terus Bereskan Retribusi Sampah 2023 dari 14 UPT

Guna, lanjutnya,  menciptakan kondisi kamtibmas yang aman kondusif, termasuk tetap melaksanakan kegiatan rutin kepolisian untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di bandara seperti pada hari-hari biasanya.

"Kami juga melakukan kegiatan berupa swepping di seluruh jalan Bandara Soetta dan menuju gerbang Tol Bandara Soetta, bertujuan untuk menghindari benda-benda seperti paku yang menyebabkan bahaya, agar nanti rombongan bisa berjalan dengan aman dan lancar dari Bandara Soetta menuju lokasi kegiatan," tutur Roberto.

Masih di tempat yang sama, Dandim Tangerang Letkol Inf Ary Sutrisno menambahkan, dalam pengamanan kedatangan Paus Fransiskus dan ISF pihaknya menerjunkan 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang terdiri dari 125 personel.

Ary menjelaskan, seratus lebih personel tersebut digelar mulai jalur parkir VVIP sampai dengan route keluar rombongan tamu negara Paus Fransiskus dan delegasi ISF dari wilayah Bandara Soetta, demikian juga nanti sebaliknya saat kepulangan rombongan.

Baca juga: Bermodal Atlet Berpengalaman, Biliar Jateng Bidik Tiga Emas PON XXI

"Kemudian kami standby kan 1 SSK lagi dari Batalion 203 ini yang sewaktu-waktu jika dibutuhkan untuk kekuatan tambahan," tandasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Otoritas Bandara Wil 1 Kelas Utama Soekarno-Hatta Aven Sena memastikan bahwa jadwal penerbangan untuk masyarakat tidak terganggu dengan kedatangan Yang Mulia Paus Fransiskus dan rombongan delegasi ISF.

"Karena kedatangan Paus Fransiskus hanya menggunakan satu penerbangan, kemudian delegasi ISF sampai hari ini tercatat baru satu penerbangan yang menggunakan Jet Pribadi. Jadi tidak ada yang khusus terkait dengan operasi pelayanan penerbangan," katanya. 

"Kami sangat berterima kasih dibantu oleh TNI-Polri dan stakeholder yang bekerja sama untuk bisa memastikan bahwa pelayanan penerbangan berjalan sesuai sebagaimana mestinya," tandasnya.

Baca juga: 6 Parpol Non-Parlemen Dukung Edi - Eko untuk Memenangi Pilkada Demak 2024

Diketahui, Polri menggelar Operasi Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan penyelenggaraan International Sustainability Forum 2024.

Operasi tersebut akan digelar selama enam hari, yakni tanggal 2–7 September 2024. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, mulai Rapat Koordinasi, Pembekalan Teknis dan Tactical Floor Game (TFG) hingga pemeriksaan kesiapan personel.

Adapun Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada tanggal 3–6 September, sedangkan acara ISF 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 5–6 September.