bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pojok KPK Hadir di Perpustakaan Klaten untuk Tingkatkan Literasi Antikorupsi

Kamis, 29 Agustus 2024 20:17
    Bagikan  
Pojok KPK Hadir di Perpustakaan Klaten untuk Tingkatkan Literasi Antikorupsi

Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK, Yuyuk Andriati Iskak bersama Bupati Klaten Sri Mulyani. Foto: jatengprov.go.id

KLATEN, HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia membuka layanan Pojok Baca di Perpustakaan Daerah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Layanan tersebut sebagai langkah memperluas jangkauan literasi antikorupsi.

Pembukaan pojok tersebut dilakukan Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK, Yuyuk Andriati Iskak, di Perpustakaan Daerah Klaten Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dipersip) Kabupaten Klaten, Rabu 28 Agustus 2024.

Baca juga: Kegiatan Gaktibplin, Seluruh Polwan Polres Purbalingga Diperiksa

Yuyuk mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara KPK dengan Pemkab Klaten melalui Dispersip, dalam langkah meningkatkan literasi antikorupsi.

“Kerja sama ini diinisiasi lewat pertemuan antara Bagian Arsip dan Adminitrasi Perkantoran KPK dengan Dispersip Klaten. Dari diskusi itu, tercetus ide untuk membentuk pojok baca KPK di Klaten,” katanya seperti dilansir jatengprov.go.id.

Menurut Yuyuk, dibukanya layanan pojok baca KPK di Perpustakaan Daerah Klaten, merupakan kali pertama dilakukan KPK RI berkerja sama dengan pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota. Diharapkan, melalui pojok baca ini dapat membantu masyarakat, untuk mendapatkan literasi antikorupsi.

“Ini juga menjadi upaya kami untuk menjadi lebih dekat dengan masyarakat. Khususnya, untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam pencegahan korupsi,” paparnya.

Menarik Minat

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan terima kasih atas kepercayaan KPK RI yang diberikan terhadap pemkab, atas dibukanya pojok baca KPK di Perpustakaan Daerah Klaten. Ia berharap dukungan serta bimbingan dari semua pihak, agar Pojok Baca KPK dapat diminati, serta menarik minat generasi penerus bangsa untuk membaca.

“Tentunya, dengan dibangunnya pojok baca ini, Pemkab Klaten berharap dapat memperluas jangkauan literasi antikorupsi untuk masyarakat di Kabupaten Klaten,” katanya.

Baca juga: Ribuan Massa Iringi Mbak Agustin-Pak Iswar Daftar ke KPU Kota Semarang, Minta Support hingga Hari Pencoblosan

Program ini, lanjut bupati, juga bermanfaat untuk mengembalikan minat anak-anak pada budaya gemar membaca, mengingat mereka saat ini sering disibukkan oleh dunia media sosial.

“Dengan adanya program ini, diharapkan nilai-nilai kejujuran, seperti keberanian untuk jujur dalam ujian dan menghindari menyontek, dapat ditanamkan sebagai bagian dari upaya membentuk karakter generasi penerus bangsa,” pungkas bupati. (Aji)