bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pilkada di Tubaba Diprediksi Lawan Kotak Kosong

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 28 Agustus 2024 21:32
    Bagikan  
Pilkada di Tubaba Diprediksi Lawan Kotak Kosong

Foto: Ilustrasi

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, pada Pilkada 2024 diprediksi hanya ada calon tunggal atau melawan kotak kosong.

Pasalnya, sudah dua hari pembukaan pendaftaran di KPU baru hanya ada satu calon yang mendeklarasikan dan mendaftar di KPU yakni, pasangan Novriwan Jaya dan Nadirsyah (NoNa).

Diketahui, pasangan Novriwan Jaya-Nadirsyah didukung 11 Koalisi Partai Politik yaitu, Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Gerindra, Partai Perindo, PAN, PKB, Partai Hanura, Partai Buruh, Partai Golkar dan PKS.

Baca juga: Reihana Ungkap Alasan Optimis Kalahkan Petahana

Saat dikonfirmasi Ketua KPU Tubaba, Yudi Agusman, mengatakan bahwa kemungkinan calon tunggal di Tubaba, karena kita melihat dari komposisi atau jumlah partai yang jadi pengusung pasangan calon itu terdapat partai non Parlemen kalau kita hitung suara sah nya hanya tersisa 5.400 atau,3,5 persen saja.

“Kalau mau mencapai ambang batas 10 persen ya gak mungkin lah,”Kata Yudi, Rabu (28/08/2024).

Sedangkan, lanjut dia, sesuai dengan peraturan PKPU No 10 tahun 2024 kemudian Juknis PKPU No 1229 bahwa ambang batas untuk pengusungan calon di Kabupaten Tubaba 10 persen dari suara sah pemilu tahun 2024.

Baca juga: Hamartoni-Romli Daftar KPU, Optimis Majukan Lampung Utara

“Kalau kita hitung dari jumlah suara sah maka 10 persen sekitar 17.200, sementara Partai yang tersisa salah satunya seperti PBB, tidak mencapai ambang batas tersebut, paling hanya sekitar 5.400,”jelasnya.

Sementara itu, dia menegaskan bahwa untuk 11 koalisi partai politik yang mengusung pasangan calon bupati tubaba NoNa, itu sudah kita periksa. Semua nya lengkap dan sudah B persetujuan Partai Politik. (Rohman).