bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Dukung Indonesia Maju, Prodi MSI Undip Gelar Seminar dan Temu Alumni

Sabtu, 24 Agustus 2024 21:45
    Bagikan  
Dukung Indonesia Maju, Prodi MSI Undip Gelar Seminar dan Temu Alumni

Dosen sekaligus pendiri Prodi MSI Undip, Prof Mustafid berfoto bersama pengelola, mahasiswa, dan alumni

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Guna mendukung Indonesia Maju, Program Studi Magister Sistem Informasi (MSI) Universitas Diponegoro (Undip) menggelar seminar dan temu alumni di Gedung A Pascasarjana pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

Kegiatan yang diikuti 100 peserta ini menghadirkan dua narasurmber diantarannya, pendiri MSI Undip, Prof Drs Mustafid MEng PhD dan Oversee Core Bangking System implementation Mybank Indonesia, sekaligus Alumni MSI Undip, Harindra Wisnu Pradhana SKom MKom serta moderator Agus Prasetyo Utomo MKom.

Selain itu, terdapat Forum Group Discussion (FGD) dari para alumni MSI Undip, dalam seminar ini, yang diharapkan para alumni dapat lebih intens saling komunikasi untuk saling bekerja sama dalam meningkatkan kekuatan alumni, serta berperan untuk mensukseskan progam Indonesia Emas ditahun 2045.

Baca juga: Semarang Merdeka Flower Festival 2024 Lebih Semarak, Ada Pawai Berhiaskan Bunga

Lebih lanjut, Ketua Program Studi MSI Undip, Drs Bayu Surarso MSc PhD mengungkapkan, penguatan alumni diharapkan dapat meningkatkan kontribusi dari Program Studi Magister Sistem Informasi Undip dalam Mendukung Indonesia Maju 2024.

“Seminar dan temu alumni yang kedua ini bertujuan untuk memperkuat jaringan alumni, saat ini terdapat lebih dari 500 alumni yang tersebar di berbagai penjuru negeri bahkan di luar negeri,” ujarnya.

“Dengan jumlah alumni yang besar ini, alumni kita dibidang sistem informasi, dapat menjadi modal penting untuk berperan dalam mendukung progam Indonesia Maju 2024,” tambahnya.

Sementara dalam paparannya Prof Mustafid menyampaikan bahwa keunggulan dari pembelajaran di bidang sistem informasi terletak pada kemampuan untuk menguasai aspek bisnis dan manajerial selain teknologi.

“Alumni dari berbagai Provinsi di Indonesia diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk membawa perubahan positif di daerah masing-masing, terutama dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan manajerial,” ujarnya.

Kontribusi Dosen

Hal senada disampaikan oleh Harindra menyoroti pentingnya kontribusi dosen dan praktisi dalam mengimpor pengetahuan digital ke lingkungan kerja mereka. Dia mengungkapkan harapan agar mahasiswa dan para alumni bisa berkontribusi pada kemajuan Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Karnaval Kecamatan Gemuh Kendal Usung Tema Gemuh Bangkit

Harindra juga menekankan perlunya kolaborasi antara alumni baik yang menjadi akademisi maupun praktisi melalui temu alumni untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik, sehingga riset akademis bisa lebih relevan dengan masalah yang dihadapi di lapangan dan benar-benar menyelesaikan masalah masyarakat.

Ketua Ikatan Alumni MSI Undip Migunani MKom berharap kepada para alumni untuk bisa aktif dalam organisasi alumni sehingga kedepan bisa kolaborasi antara alumni dan program studi dalam hal penelitian agar keberadaan alumni memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan bangsa. (Aji)