bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Hari UMKM 2024, Disdagkop dan UKM Kendal Gelar Berbagai Lomba

Jumat, 23 Agustus 2024 19:54
    Bagikan  
Hari UMKM 2024, Disdagkop dan UKM Kendal Gelar Berbagai Lomba

Para peserta beraksi di lomba joged dalam rangka Hari UMKM 2024 yang digelar Disdagkop dan UKM Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Guna memperingati Hari UMKM tahun 2024 sekaligus memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Kabupaten Kendal menggelar berbagai lomba dan pameran UMKM, Jumat, 23 Agustus 2024.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Disdagkop Kendal ini merupakan kali pertama yang digelar Disdagkop dan UKM Kendal. Sebagai wujud memeriahkan peringatan Hari UMKM dan HUT kemerdekaan RI tahun 2024.

"Perayaan Hari UMKM ini memang pertama kali diselenggarakan di Disdagkop UKM Kendal. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai peringatan hari Kemerdekaan RI ke-79," ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Disdagkop dan UKM Kendal, Lytria Wandwiati.

Baca juga: Risma Unggul di Perkotaan, Khofifah Kuat di Pelosok Pedesaan, Analisis Pakar Politik UPN Venteran Jatim Singgih Manggalou

Dipaparkan dia, para peserta antusias mengikuti berbagai lomba seru dan lucu diantaranya estafet tepung, estafet air dan memindahkan wadah dengan sedotan.

"Selain ada lomba-lomba juga ada joget bersama. Kita menggandeng BPJS, Kadin, dan para pelaku UMKM di Kendal," paparnya.
Bangkitkan Semangat
Lytria berharap, melalui peringatan hari UMKM tahun 2024 ini bisa membangkitkan semangat kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal agar bisa naik kelas.

"Kita ingin UKM menjadi inovatif, kreatif dan naik kelas. Dimana naik kelas itu kriterianya terkait digitalisasi dan perkembangan UKM di Kendal," tandas Lytria.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data saat ini di Kebupaten Kendal ada sebanyak 25.321 UMKM dan 31 UMKM telah berhasil melakukan ekspor ke beberapa negara.

"Yang naik kelas target kita 1.600 UMKM. Sampai Agustus ini hampir 80 persen dan akhir tahun kemungkinan bisa lebih 1.600 UMKM yang naik kelas," pungkasnya.(Anik)