bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

UPNS Wasbang USM Bina Karakter Bela Negara pada Mahasiswa

Jumat, 23 Agustus 2024 08:27
    Bagikan  
UPNS Wasbang USM Bina Karakter Bela Negara pada Mahasiswa

Kegiatan pembinaan bela negara dari UPNS pusat pendidikan wawasan kebangsaan USM kepada mahasiswa

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Unit Penunjang Non Struktural Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (UPNS Wasbang) Universitas Semarang (USM) mengadakan pembinaan karakter bela negara dengan tema ''Pelatihan Pembinaan Karakter Bela Negara Berdasarkan Pancasila bagi Mahasiswa” di Lantai 5 Gedung V.53 Universitas Semarang pada Selasa 20 Agustus 2024.

Ketua UPNS Pusat Pendidikan Wasbang Universitas Semarang, Dr Tri Mulyani SPd SH MH mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif arahan dari Wakil Rektor III Universiitas Semarang Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

''Beliau melihat banyak fenomena lunturnya rasa cinta terhadap tanah air Indonesia, banyak anak-anak muda yang melupakan identitas Bangsa Indonesia,'' katanya.

Baca juga: Dekan Fakultas Hukum USM Lepas 99 Lulusan Kelas Reguler Pagi dan Sore

Menurutnya, banyak anak-anak muda yang tidak menyayangi diri sendiri, sehigga terjerumus mulai dari narkoba, seks bebas, prostitusi onlline, hingga judi online, dan masih banyak lain.

Kondisi memprihatinkan itu yang menjadikan UPNS Wasbang melakukan pembinaan karakter bela negara untuk menanamkan rasa cinta terhadap tanah air tercinta.

''Anak-anak muda merupakan agen perubahan bangsa menuju terwujudnya cita-cita yang menjadi tujuan Negara Indonesia sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Alinea IV,'' ujar Tri.

Dalam kegiatan pembinaan karakter ini, juga menghadirkan Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi USM, Edi Nuwahyu Julianto SSos MIKom, yang memberikan pelatihan membuat konten di media sosial.

''Pak Edi kami hadirkan untuk mencapai target luaran kegiatan yaitu mahasiswa mampu mengaktualisasikan karakter bela negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila,'' ungkapnya.

Baca juga: Kontingen PWI Jateng Gebrak Porwanas: Sabet 1 Emas dari Bulutangkis dan 2 Perak lewat Bridge dan Biliar

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, katanya, masyarakat lebih suka melihat konten di media sosial daripada membaca koran atau surat kabar.

Dia berharap, melalui konten yang dibuat oleh mahasiswa, dan diupload di media sosial seperti tik tok, Instagram, facebook twitter, dan lain sebagainya mampu menyebarkan informasi lebih luas lagi mengenai karakter bela negara kepada masyarakat.

Kegiatan ini dipandu Moderator Yudhitiya Dyah Sukmadewi SH MH. Kegiatan makin meriah dengan disediakannya doorprize menarik bagi peserta.

''Kegiatan ini menjadi rutinitas program dari UPNS Wasbang, dalam rangka mewujudkan visi misi Universitas Semarang,'' kata Yuditiya. (Aji)