bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

UBL Raih Akreditasi Unggul Prodi Teknik Mesin S-1

Rabu, 21 Agustus 2024 21:04
    Bagikan  
UBL
Helo Lampung

UBL - UBL meraih akreditasi unggul Prodi Mesin satu-satunya universitas swasta se-Sumatera (Foto UBL)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --- Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali menambah program studi (prodi) terakreditasi "unggul" dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Teknik, yaitu Prodi Teknik Mesin Program Sarjana (S1).

Pencapaian akreditasi tertinggi ini menjadikan Prodi Teknik Mesin UBL yang pertama dan satu-satunya prodi perguruan tinggi swasta se-Sumatera yang mendapatkan akreditasi "unggul"

"Alhamdulillah saya ucapkan selamat dan sukses kepada Prodi Teknik Mesin yang sudah meraih prestasi akreditasi unggul sesuai dengan harapan semua sivitas akademika UBL," kata Rektor UBL, Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA, Rabu (21/8/2024).

Menurutnya, penetapan akreditasi unggul ini merupakan pengakuan tertinggi kualitas mutu layanan pendidikan Prodi Teknik Mesin UBL yang tertuang dalam SK No 0454/SK/Lam Teknik/AS/VIII/2024.

Sk yang ditetapkan di Jakarta dan mulai berlaku pada 21 Agustus 2024 hingga 21 Agustus 2029 dari LAM, Program Studi Keteknikan Badan Tetap Akreditasi Program Keteknikan Persatuan Insinyur Indonesia.

Rektor UBL Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA mengatakan akreditasi dengan peringkat tertinggi dari LAM Teknik ini yang menjadi pencapaian maksimal dalam mengukur mutu kualitas layanan pendidikan diberikan oleh UBL.

Dikatakannya, proses meraih akreditasi peringkat "unggul" ini tidaklah mudah, karena selain harus melampaui Standard Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan melampaui rencana strategis, juga harus berdaya saing internasional.

Daya saing internasional seperti luaran publikasi penelitian dosen dan mahasiswa di jurnal internasional bereputasi, sarana prasarana serta kurikulum yang berstandar internasional, terang Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Tim Akreditasi Prodi dan semua pihak yang terlibat dalam proses akreditasi ini, terutama Dekan Fakultas Teknik, Ketua Prodi Teknik Mesin, para dosen, alumni, pengguna alumni, dan semua pihak. (Rls/Prapty)