bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Sekda Tutup Pesta Rakyat, Berharap Terus Jadi Event Ikonik Jateng

Selasa, 20 Agustus 2024 20:16
    Bagikan  
Sekda Tutup Pesta Rakyat, Berharap Terus Jadi Event Ikonik Jateng

Sekda Jateng Sumarno saat memainkan gunungan ketika menutup acara Pesta Rakyat. Foto: hms

SALATIGA, HELOINDONESIA.COM - Pesta Rakyat dalam rangka Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Tengah di Salatiga yang meriah dan penuh warna berakhir sudah. Sekretaris Daerah Jateng Sumarno secara resmi menutup kegiatan pada Selasa sore 20 Agustus 2024.

Sumarno menyampaikan rasa syukur, karena event yang berlangsung 18-20 Agustus 2024 di UIN Salatiga dan Alun-Alun, berlangsung sukses dan luar biasa. Dia berharap, ke depan kegiatan itu akan menjadi event ikonik Jateng.

Baca juga: Gulat Jateng Yakin Rebut Satu Emas di PON 2024, Ahmad Umar Jadi Tumpuan

“Harapannya ke depan, tahun 2025 lebih besar lagi. Saya inginnya ini jadi event ikoniknya Jateng. Semua, baik budaya, seni, pariwisata, pelaku ekonomi, itu ada di sana,” kata Sumarno, kepada media di lokasi, seperti dilansir jatengprov.go.id.

Pihaknya memang menggelar event itu untuk masyarakat Jateng. Selain untuk menghibur masyarakat, juga memfasilitasi pelaku UMKM, pelaku budaya, dan lainnya, untuk berpartisipasi agar lebih eksis.

Jika dievaluasi, menurutnya, secara keseluruhan event berjalan sukses, meski tetap ada kekurangan. Namun, mendatang kekurangan harus ditinggalkan, dan yang baik dipertahankan.

Pihaknya berterima kasih kepada pemerintah kota dan UIN Salatiga, karena telah menyediakan tempat yang bagus. Bahkan, gelaran Fun Run 7,9 Km juga banyak mendapatkan pujian mengingat rutenya menampilkan pemandangan Salatiga yang indah.
Tren Positif
Sumarno menuturkan, gelaran Hari Jadi Provinsi Jateng setiap tahunnya mengalami tren positif. Hal itu berkat kerja sama antarpihak, termasuk masyarakat di setiap tahunnya.

Baca juga: Pemkab Tubaba Resmi Umumkan Buka Penerimaan CPNS 2024

“Trennya, alhamdulillah, dari kegiatan dari Brebes, Salatiga, ada peningkatan, baik partisipasi atau kontribusi masyarakat. Harapannya ke depan 2025 lebih besar lagi,” harap sekda.

Pihaknya akan menggelar event Hari Jadi Provinsi Jateng setiap tahun, dengan lokasi kota atau kabupaten yang berbeda. Jadi, tidak hanya Semarang, Brebes, atau Salatiga.

“Kita akan pilih tempat, yang juga kita perhatikan. Baik tempat, akses, kondisi masyarakat. Kegiatan untuk mengangkat perekonomian di daerah itu. Juga untuk penanganan kemiskinan daerah itu, serta pengangguran,” ujarnya.

Penutupan event dimeriahkan oleh band peraih piala Pj Gubernur tingkat pelajar. Bahkan, Sekda Jateng sampai rela bangun dari tempat duduknya untuk mengucapkan selamat, lantaran terpukau dengan penampilan band Kidung Apsara dari SMKN 8 Surakarta.

Baca juga: CPNS 2024 Dibuka, Berikut Daftar Formasi yang Tersedia di Tiap Instansi

Guru pendamping band Kidung Apsara SMKN 8 Surakarta, Prabarini, tidak menyangka anak didiknya bisa tampil menjadi Juara I Lomba Band Pelajar Piala Pj Gubernur.

“Surprise aja. Band baru dua bulan terbentuk. Mereka setiap hari latihan di sekolah. Sudah ada sembilan kali job (sejak kali pertama band terbentuk sampai sekarang),” ungkap Prabarini mendampingi anak didiknya.

Diakui, anak didiknya pintar dan kreatif, serta disiplin waktu.

“Bisa menang karena mereka punya kemauan keras, dan disiplin waktu,” kata Prabarini.

Dia mengapresiasi penyelenggaraan acara tersebut, sehingga memicu kreativitas anak muda, terutama pelajar. Sehingga mereka bisa mengisi waktu dengan kreatif, serta memaksimalkan ponsel pintar untuk melakukan proses kreatif di lagunya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya berharap di Hari Jadi ke-79, Provinsi Jateng bisa makin sukses dan kian maju, agar masyarakatnya bisa lebih baik. (Aji)